2nd T-POMI
2024, 22 April
Share berita:

Jakarta, mediaperkebunan.id – Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian (Kementan) didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) tengah membuka Seleksi Nasional Beasiswa Sumber Daya Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS) 2024.

Besiswa SDMPKS ini ditawarkan untuk jenjang pendidikan tinggi, mulai dari Vokasi (DI, DII, DIII, dan DIV) sampai dengan Akademik (S1). Program kolaborasi Ditjenbun Kementan dan BPDPKS ini menawarkan serangkaian fasilitas untuk penerimanya.

Namun, perlu diketahui daftar kampus penerima Beasiswa SDMPKS agar kamu bisa cari tahu informasi lebih lanjut tentang perguruan tinggi tempat kamu belajar nantinya. Dilansir dari situs resmi Beasiswa SDM Sawit, ada lebih dari 20 kampus penerima program beasiswa.

Perguruan tinggi penerima Beasiswa SDMPKS 2024 sendiri terdiri dari kampus-kampus yang memiliki bidang perkebunan di seluruh Indonesia, berikut di antaranya:

  1. Politeknik LPP Perkebunan
  2. Politeknik Caltex Riau
  3. Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta
  4. Politeknik Kampar
  5. Politeknik Ati Padang
  6. Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan
  7. Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta
  8. Universitas Prima Indonesia
  9. Politeknik Aceh
  10. Politeknik Citra Widya Edukasi
  11. Universitas Diponegoro Semarang
  12. Politeknik Pembangunan Pertanian Medan
  13. Politeknik Ati Makassar
  14. Politeknik Jambi
  15. Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari
  16. Politeknik Indonesia Venezuela
  17. Universitas Pasir Pegaraian
  18. Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia (ITP2I)
  19. Universitas IKOPIN
  20. Universitas Islam Sumatera Utara
  21. Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB)
  22. Politeknik Aceh Selatan
  23. Universitas PRIMA Indonesia

Beasiswa SDMPKS 2024 ini dibuka untuk 5 jalur, antara lain adalah Pekebun & Keluarga (Anak/Istri/Suami) Pekebun Kelapa Sawit; Karyawan/Pekerja pada Usaha Budidaya dan/atau Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit; Keluarga (Anak/Istri/Suami) Karyawan/Pekerja pada Usaha Budidaya dan/atau Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit; Pengurus, Anggota Koperasi/Lembaga yang Bergerak di bidang usaha budidaya, pengolahan, dan/atau jasa perkebunan kelapa sawit; Aparatur Sipil Negara (ASN)/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga:  BPDPKS Siapkan Dana Mandatori Biodiesel B20

Masing-masing jalur memiliki persyaratan masing-masing yang bisa kamu simak pada tulisan ini. Media Perkebunan juga sudah merangkum tata cara pendaftaran SDMPKS 2024 pada tulisan ini.

Apa saja fasilitas yang ditawarkan Beasiswa SDMPKS 2024?

Beasiswa SDMPKS 2024 menawarkan sejumlah fasilitas yang dapat dirasakan manfaatnya oleh penerima. Biaya pendidikan penerima beasiswa akan di-cover sepenuhnya oleh SDMPKS sampai selesai sampai wisuda.

Tak hanya itu, uang saku, buku, transport perjalanan ke kampus, sampai magang di perkebunan besar juga akan ditanggung oleh SDMPKS. Berikut daftar fasilitas selengkapnya:

  1. Biaya Pendidikan (Penuh)
  2. Biaya Wisuda
  3. Uang Saku & Uang Buku
  4. Transport Pergi-Pulang (PP) Rumah ke Kampus
  5. Sertifikat Kompetensi
  6. Magang di Perkebunan Besar

Itulah daftar kampus penerima Beasiswa SDMPKS 2024 lengkap dengan fasilitas yang akan diberikan, semoga bermanfaat.