2nd T-POMI
2023, 2 Mei
Share berita:

Jakarta, mediaperkebunan.id – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para pekerjanya, Minamas Plantation memfokuskan diri pada peningkatan kualitas kehidupan bagi keluarga pekerja yang berada di wilayah operasionalnya. Strategi ini dilakukan sejak tahun 2019 melalui dua inisiatif utama yaitu akses kepada fasilitas air minum berkualitas dan pembangunan perumahan layak keluarga bagi setidaknya 27.000 pekerjanya yang tersebar di seluruh wilayah operasional di Indonesia.

“Industri sawit merupakan industri yang menyerap banyak tenaga kerja, mencakup areal yang sangat luas serta berada di remote area. Melihat kondisi tersebut, kami memandang bahwa sudah seharusnya upaya untuk mensejahterakan pekerja beserta keluarganya harus dilakukan secara jangka panjang. Fokus kami pada beberapa tahun terakhir adalah melakukan peningkatan kualitas hidup yang menitikberatkan pada keluarga pekerja. Mengapa hal ini penting? Sebagian besar dari pekerja kami membangun kehidupan di wilayah perkebunan, mulai dari berkeluarga, memiliki anak, hingga melihat mereka dewasa dan berkembang. Kehidupan ini yang ingin kami pastikan kesejahteraannya,” ungkap kata CEO Minamas Plantation, Adi Wira Abd Razak.

Razak menambahkan, “dalam rangka memaknai Hari Buruh Sedunia kali ini, ada dua inisiatif utama yang telah kami kembangkan yaitu pembangunan fasilitas perumahan yang layak bagi keluarga dan pembangunan fasilitas air minum yang berkualitas melalui sistem Reverse Osmosis (RO).”

Khusus fasilitas air minum, Minamas Plantation telah mendirikan sebanyak 133 unit Reverse Osmosis Water (RO Water) termasuk 1 unit RO Water yang dapat digunakan bagi 170 Kepala Keluarga (KK). Sebelumnya, Pekerja harus membeli air kemasan untuk dikonsumsi dengan menghabiskan Rp.450.000,- per bulannya. Sehingga, jika dikonversikan ke dalam rupiah pembangunan 133 unit fasilitas air minum tersebut sudah memberikan manfaat setara dengan Rp 12 milyar per bulannya.

Baca Juga:  Tingkatkan Kinerja, Astra Agro Gunakan Teknologi Digital

Sedangkan untuk fasilitas perumahan karyawan, perbaikan dilakukan bagi rumah semi permanen yang sebelumnya terdiri dari 2 kamar tidur dengan 1 kamar mandi, kini menjadi rumah permanen yang terdiri 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi untuk mengakomodasi pekerja yang sudah memiliki keluarga.

Head Sustainability Minamas Plantation, Alagendran Maniam mengatakan, “Selain untuk meningkatkan kesejahteraan Pekerja, inisiatif yang telah berjalan selama 2 tahun ini, kami lakukan juga sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan dengan mengurangi sampah kemasan plastik air minum yang dapat menimbulkan bahaya lingkungan yang serius bagi manusia dan habitat lainnya.”

“Kami mengapresiasi inisiatif dan komitmen perusahaan yang sangat bermanfaat ini khususnya atas perumahan yang layak dan fasilitas air minum. Sebelumnya, kami harus membeli air minum dengan mengakses perjalanan yang cukup jauh. Kini, kami memiliki akses air minum berkualitas secara gratis dan tanpa batas,” ujar salah satu Pekerja Minamas Plantation, Shodik.

Selain rutin berkontribusi melalui inisiatif peningkatan kesejahteraan pekerja, serta lingkungan seperti pembangunan fasilitas rumah layak dan air minum tersebut, Minamas Plantation juga aktif dan berkontribusi dalam melakukan investasi sosial bagi masyarakat melalui pilar Pendidikan, Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat yang seluruhnya berkomitmen dan berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

Saat ini, Minamas Plantation bersama dengan Koperasi Desa juga tengah mengembangkan bisnis air minum berkualitas melalui sistem RO Water yang akan dikelola oleh masyarakat setempat melalui Koperasi Desa. Produk air minum kemasan tersebut kemudian akan didistribusikan ke pasar tradisional dan kegiatan-kegiatan Pemerintah Daerah.