2nd T-POMI
2022, 11 Juli
Share berita:

Jakarta, mediaperkebunan.id – Minamas Plantation kembali mendonasikan 162 ekor sapi hewan kurban kepada masyarakat di sekitar operasionalnya yang tersebar di 8 Provinsi yaitu di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Riau Utara, Aceh, Riau Selatan, Sumatera Selatan dan Jambi. Donasi ini merupakan sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan sekaligus bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Donasi tersebut sebagian dilakukan di aula lapangan, Tempat Pemotongan Hewan (TPH) serta masjid yang seluruhnya berada di sekitar operasional perusahaan.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan perusahaan dan disaksikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat serta masyarakat penerima manfaat kurban.

COO Minamas Plantation, Azmi Jaafar mengatakan, “di tengah pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19 ini, kami tetap berkomitmen melakukan donasi hewan kurban yang merupakan salah satu bukti nyata partisipasi kami terhadap pemulihan kesejahteraan masyarakat sekaligus dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha bagi seluruh karyawan dan masyarakat sekitar. Semoga donasi ini dapat bermanfaat dan membantu khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan.”

Dalam kesempatan tersebut Azmi Jaafar juga menghimbau masyarakat serta pemerintah daerah setempat bersama-sama dengan perusahaan untuk terus menjaga dan mengantisipasi kebakaran baik di lingkungan perusahaan dan di lingkungan kebun masyarakat mengingat musim kemarau sudah tiba.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, H Yudi Herzandi, menyampaikan apresiasianya terhadap perusahaan.

”Kami bersyukur dan berterima kasih atas kepedulian dan komitmen perusahaan dalam mendonasikan hewan qurban kepada masyarakat sekitar kebun yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Donasi kurban yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini juga menandakan hubungan baik antara perusahaan dengan Pemerintah dan masyarakat” ujar Yudi Herzandi.

Baca Juga:  Astra Agro Komitmen Sustainability

Selain itu, salah satu penerima manfaat kurban di Jakarta, Heny juga mengatakan, “kami berterima kasih atas kepercayaan Manajemen dan karyawan Minamas Plantation yang telah mendonasikan hewan qurbannya kepada kami dan berharap kegiatan ini rutin dilakukan oleh Minamas karena sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Semoga Minamas Plantation makin berkah dan sukses.”

Secara total, tahun ini perusahaan mendonasikan setidaknya 162 ekor sapi hewan qurban dengan nilai Rp.2,7 milyar kepada karyawan masyarakat sekitar di seluruh wilayah operasional perusahaan baik di Jakarta maupun di daerah.

Hal ini merupakan wujud kepedulian dan komitmen perusahaan kepada kesejahteraan masyarakat khususnya yang berdampingan dengan wilayah operasional perusahaan.

Lebih lajut, seperti diketahui, bahwa hingga kini ekspor crude palm oil (CPO) masih menurun dan ini menjadi tantangan bahkan sangat berimbas pada operasional perusahaan dan industri kelapa sawit nasional. Namun, hal tersebut tidak menghentikan komitmen perusahaan dalam berbagi dengan sesama di momen yang baik ini.
Selain rutin berkontribusi melalui pilar Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan seperti donasi hewan kurban tersebut, program tanggung jawab sosial Minamas Plantation kepada masyarakat juga dikembangkan dalam pilar Pendidikan, Kepemudaan, Olahaga dan Budaya yang berkomitmen dan fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.