2nd T-POMI
2016, 16 Maret
Share berita:

Pemerintah menilai boikot atas produk kelapa sawit di negara Perancis bukan sebuah solusi terhadap masalah lingkungan. Mestinya negara maju harus membantu negara berkembang dalam mengatasi perubahan iklim.

Hal tersebut ditekankan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam pembukaan Konferensi Sawit dan Lingkungan (ICOPE) ke-5 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/3).

“Saya kecewa dgn adanya boikot terhadap produk sawit tidak memecahkan solusi. Boikot produk seperti yang terjadi kasus Iran, Korea Utara tidak akan menjadi win-win solution. Saya percaya pada dialog,” tukas Darmin.

Darmin menegaskan, negara-negara maju harus mencoba untuk menyediakan dana ketimbang hanya bicara. Karena itu kita harus ubah pola pikir bahwa menjadi berkelanjutan bukan hanya tanggungjawab produsen, namun juga konsumen.

ICOPE 2016 yang mengusung tema “Sawit Berkelanjutan dan Perubahan Lungkungan: Jalan ke Depan melalui Mitigasi dan Adaptasi diikuti hampir 400 ilmuan internasional, pemerintah, akademisi dari 17 negara. ICOPE berlangsung selama dua hari. YR

Baca Juga:  UMKM Mampu Manfaatkan Digital Marketing