2nd T-POMI
2024, 26 Januari
Share berita:

JAKARTA, mediaperkebunan.id Kopi termahal di dunia dikenal berasal dari metode produksi yang unik dan asal-usulnya yang memiliki cita rasa yang enak. Kelangkaan, ekslusivitas, dan kemampuan kopi tersebut untuk memuaskan para penikmat kopi juga merupakan kontribusi besar yang memubuat harganya jadi mahal.

Kopi termahal harganya mencapai ratusan dollar dalam suatu ukuran tertentu. Asal-usul kopi termahal di dunia bervariasi dari berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Proses pembuatan kopi yang tak biasa merupakan salah satu faktor yang membuat kopi punya harga tinggi, karena menghasilkan rasa yang tak biasa dan berbeda dari kopi kebanyakan.

Untuk mendapatkan kenikmatan secangkir kopi, beberapa kopi bahkan membutuhkan waktu yang panjang. Produksi kopi yang tak main-main membuat rasa pahit kopi yang tercipta tak sembarangan.

Bukan hanya kopi robusta dan arabika, jenis-jenis biji kopi yang menghasilkan rasa terbaik bak aroma bunga banyak macamnya. Di balik proses produksi yang matang, ada juga orang-orang ahli yang berkontibusi dalam pembuatan kopi.

Berikut ini adalah 12 daftar kopi termahal di dunia,dari Indonesia tempati peringkat berapa?

12. Kopi Finca El Injerto – Amerika Selatan
Kopi dengan harga termahal di peringkat ke 12 ada Finca El Injerto yang berasal dari Amerika Selatan. Untuk 5 kg, biji kopi Finca El Injerto dihargai 40.000 Rupee India atau sekitar 7,6 Juta Rupiah.

Biji kopi ini terbilang mahal karena diproses oleh keluarga penghasil buah kopi khas awal Amerika Selatan. Kopi ini jadi yang satu-satunya berkembang di terroir kaya mineral.

11. Kopi Malokai Prime – Amerika Serikat
Kopi termahal di dunia selanjutnya ada Kopi Malokai Prime. Malokai Prime merupakan kopi Amerika Serikat yang dibuat dari abu volkanik. Untuk satu pound, kopi Malokai Prime dihargai 60 Dollar Amerika Serikat (USD) atau sekitar Rp950.000.

Baca Juga:  KENDALIKAN OPT KOPI SEJAK DARI PEMBENIHAN

10. Kopi Greenwell Organic – Nepal
Sama seperti Malokai Prime, kopi Greenwell Organic dihargai 60 USD atau sekitar Rp950.000/pound. Kopi Greenwall Organic berasal dari pegunungan Nepal.

9. Kopi Kona Extra Fancy – Amerika Serikat
Tepat di urutan 10 kopi termahal di dunia ada Kona Extra Fancy yang berasal dari A,erika Serikat. Untuk satu pound, kopi Kona Extra Fancy dihargai sebesar 75 USD atau sekitar 1,1 Juta Rupiah.

8. Kopi Jamaican Blue Mountain – Jamaika
Harga kopi Jamaican Blue Mountain sama seperti Kona Extra Fancy, yaitu sekitar 1,1 Juta Rupiah atau 6000 Rupee India. Kopi ini memiliki rasa yang kompleks dan sedikit pahit. Berasal dari sisi perbukitan, biji kopi Jamaican Blue Mountain terbilang sulit untuk dibudidayakan.

7. Kopi Black Blood of The Earth – Afrika dan Ethiopia
Black Blood of The Earth merupakan kopi tradisional yang diproses menggunakan teknik ekstrasi vakum dingin. Rasa kopi Black Blood of The Earth bersifat keasaman dan memiliki kadar kafein yang tinggi. Untuk satu botolnya saja, kopi Black Blood of The Earth dihargai 50 USD atau sekitar 791 ribu rupiah.

6. Kopi Saint Helena – Inggris
Kopi termahal di dunia pada urutan ke 9 ada kopi Saint Helena yang berasal dari garis teritorial Saint Helena di Inggris. Kopi Saint Helena dihargai 145 USD per pound atau sekitar 2,2 Juta Rupiah.

5. Kopi Hacienda La Esmeralda – Panama
Hacienda La Esmeralda merupakan salah satu kopi termahal di dunia yang berasal dari Panama. Kopi Hacienda La Esmeralda berasal dari perkebunan Ethiopian Geisha. Harga kopi Hacienda La Esmeralda adalah 2,8 Juta per pound.

Baca Juga:  Harga Kopi Februari 2019

4. Kopi Esmeralda Geisha – Panama
Kopi Esmeralda Geisha dari panama masuk dalam daftar kopi dengan harga termahal di dunia. Untuk satu pound-nya, kopi Esmeralda Geisha yang dikenal dengan cita rasanya yang sedap ini dihargai sekitar 350 USD atau 5,5 Juta Rupiah.

3. Kopi Black Ivory – Thailand
Black Ivory yang berasal dari Thailand merupakan salah satu kopi termahal di dunia yang banyak direkomendasikan. Punya proses pembuatan yang unik, Black Ivory berasal dari kotoran gajah. Kopi Arabika yang sudah diproses masuk ke dalam tubuh gajah dan menjadi kotoran akan diolah kembali menjadi kopi Black Ivory yang dihargai 500 USD atau 7,9 Juta Rupiah per pound.

2. Kopi El Injerto Peaberry – Guatemala
Kopi termahal selanjutnya ada dari Guatemala bernama El Injerto Peaberry. Dihargai 500 USD atau hampir 8 Juta Rupiah per pound, kopi El Injerto Peaberry beberapa kali memenangkan ajang kompetisi ‘Cup of Excellence’ karena cita rasanya yang lezat.

1. Kopi Luwak – Indonesia

Kopi dengan harga termahal di dunia jatuh pada Luwak yang berasal dari Indonesia. Secara umum, kopi Luwak dari Indonesia dikenal sebagai kopi termewah. Kopi Luwak juga diproses dengan cara yang unik, yaitu dari biji kopi matang yang sebagian dicerna oleh musang asia dan difermentasi oleh enzim dalam saluran pencernaan Luwak atau musang.

Berapa harga kopi Luwak Indonesia?

Harga kopi termahal di dunia ini yaitu 9,5 Juta Rupiah per Kg. Per September 2023, kopi Luwak asal Indonesia dihargai 600 USD atau 9,4 Juta Rupiah untuk 1 Kg. Di India sendiri, kopi Luwak asal Indonesia dihargai 50.000 Rupee atau lebih dari 9,5 Juta Rupiah.

Baca Juga:  Harga Kopi Robusta Maret 2024 Naik Lagi Mulai Rp 25 Ribu

Berikut adalah 12 kopi termahal di dunia lengkap dengan harga, asal, dan proses pembuatan kopinya, semoga bermanfaat untuk kamu pecinta kopi.

Sumber: slurrp.com indiatoday.in english.jagran.com