2nd T-POMI
2024, 7 Mei
Share berita:

Jakarta, Mediaperkebunan.id – Kelapa sawit tak menghasilkan limbah, melainkan setiap bagian pohonnya dapat dimanfaatkan dengan baik. Tidak hanya menjadi minyak sawit, kelapa sawit juga dapat menghasilkan produk kebutuhan lainnya. Limbahnya yang berupa limbah cair, gas, dan padat pun dapat dimanfaatkan dengan baik untuk bahan bakar, pupuk, biogas, pakan ternak, listrik dan lain sebagainya.

Jika Anda belum mengetahui bahwa kelapa sawit tak menghasilkan limbah, maka Anda harus membaca artikel ini dengan baik. Yuk cari tahu manfaat yang dapat dihasilkan dari berbagai bagian pohon kelapa sawit!

Daging dan Inti Buah Sawit

Dilansir dari disbunak.paserkab.go.id,  tak ada limbah yang dihasilkan dari buah kelapa sawit. Daging buah sawit dan inti buah sawit dapat diolah dan diekstrak menjadi minyak kelapa sawit. Minyak sawit ini dapat diolah menjadi berbagai produk rumah tangga.

Pada industri makanan, minyak sawit dapat menjadi bahan baku minyak goreng, selai, dan margarin. Untuk industri kosmetik, minyak sawit dijadikan sebagai bahan baku untuk memberikan kelembaban pada kulit wajah dan untuk bahan baku shampoo. Pada industri lainnya, minyak sawit dapat bermanfaat sebagai campuran biodiesel dan sebagai pelapis baja.

Sabut dan Cangkang Sawit

Cangkang sawit merupakan limbah dari proses ekstraksi buah kelapa sawit menjadi minyak sawit mentah. Cangkang sawit mempunyai lapisan yang keras dengan bentuk seperti tempurung. Cangkang dan sabut ini dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk boiler di pabrik kelapa sawit. 

Satu cangkang sawit mempunyai berbagai kandungan yakni air, abu, uap, karbon aktif, dan kalori. Cangkang ini mempunyai kandungan kalori yang tinggi lebih dari 4.200 Kcal. Kandungan kalori yang tinggi ini dapat menjadi bahan bakar alternatif.

Baca Juga:  Masalah Petani Masalah Klasik

Kandungan tersebut membuat cangkang sawit dapat menjadi bahan baku serbaguna. Cangkang sawit dapat dimanfaatkan sebagai arang dengan kualitas yang tinggi dibandingkan dengan menggunakan tempurung kelapa biasa. Kemudian cangkang dapat dijadikan sebagai pengeras jalan di sekitar perkebunan kelapa sawit.

Cangkang sawit dapat menjadi campuran pakan ternak yang dapat membantu pertumbuhan hewan ternak. Selain itu juga dapat digunakan sebagai bahan bakar di mesin turbin dan mesin yang berbasis uap.

Daun Kelapa Sawit

Dilansir dari bpdp.or.id, daun pada tanaman kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Caranya dengan melakukan fermentasi kepada daun sawit agar dapat dimakan oleh hewan ternak. Daun sawit dicampur dengan dedak dan garam lalu dimasukan ke dalam drum yang berisi air untuk difermentasi.

Daun sawit juga dapat menjadi mulsa yakni penutup tanaman budidaya dan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Kemudian lidi pada daun sawit juga dapat dimanfaatkan sebagai barang kerajinan alat rumah tangga. Selain itu, daun sawit juga mengandung banyak senyawa bioaktif dan nutrisi sehingga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan.

Kandungan beta karoten dan polifenol yang tinggi pada daun sawit dapat bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat memperlambat proses penuaan. Daun sawit mempunyai sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit. Selain itu dawin sawit juga mempunyai kandungan vitamin A yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. 

Batang Tanaman Sawit

Batang tanaman sawit merupakan sumber terbesar dari limbah industri sawit. Namun pemanfaatannya kurang maksimal karena proses pemanfaatannya tidak mudah dan biaya produksinya tinggi. Pedahal batang sawit dapat dijadikan sebagai bahan baku furnitur.

Batang sawit dapat diubah menjadi papan laminasi atau sandwich laminated lumber yang dapat dimanfaatkan sebagai dinding, komponen furnitur, dan juga lantai. Kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai kayu lapis dan fancy flooring.

Baca Juga:  DOSEN INSTIPER BELAJAR INDUSTRI PENGOLAHAN PERKEBUNAN

Batang sawit mengandung pati gula yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Selain itu batang kayu sawit juga mengandung nira yang dapat dimanfaatkan untuk produksi gula merah. Diperkirakan produksi gula merah ini akan mencapai keuntungan hingga puluhan juta perbulannya.

Tandan Buah Kosong

Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) mempunyai peluang yang sangat besar untuk dikembangkan. Limbah kelapa sawit ini dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos karena mempunyai kandungan unsur hara yang tinggi. Pupuk ini mampu mengoptimalkan pertumbuhan kelapa sawit. 

Tandan buah kosong juga mempunyai manfaat ekonomis untuk dijadikan sebagai bahan tekstil. Tandan ini dapat menjadi tekstil dengan kekuatan yang stabil, serat yang kecil, dan kemudahan menyerap warna. Agar bahan tekstil dari tandan buah kosong dapat kuat maka dapat dilakukan dengan teknik tenun.

Limbah Cair Kelapa Sawit

Hasil samping proses pengolahan tandan buah segar menghasilkan limbah cair kelapa sawit yang merupakan jenis limbah organik agroindustri. Limbah cair kelapa sawit berupa minyak dan air. Limbah cair ini dapat menjadi energi biogas dengan menggunakan teknik penangkapan metana.

Menggunakan teknologi costinus stirred tank reactor juga memungkinkan hasil limbah dapat diubah menjadi tenaga listrik dengan proses anaerob digestion. Selain itu, dengan fasilitas pengolahan air limbah dapat menjadikan limbah cair sawit sebagai popok kompos di area perkebunan kelapa sawit. 

Nah itu dia beberapa manfaat yang dapat dihasilkan dari pengolahan limbah kelapa sawit yang benar. Dengan begitu hal tersebut dapat menunjukan bahwa kelapa sawit tak menghasilkan limbah. Perlu kesadaran dan pemahaman untuk mampu memanfaatkan limbah kelapa sawit dengan baik agar tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan dan berdampak negatif pada masyarakat.

Baca Juga:  DITENGAH PANDEMI COVID 19, OPERASIONAL KEBUN SAWIT PERUSAHAAN DAN PETANI MASIH NORMAL