2nd T-POMI
2023, 8 Desember
Share berita:

Turin, Mediaperkebunan.id

Kampanye sawit butuh konsistensi dan menembus batas negara. Juga harus kreatif dengan cara baru. “ Kali ini kita lakukan terobosan dan pertama. Kampanye langsung di Eropa oleh buruh dan pengusaha. Membawa kisah nyata dan fakta. Menceritakan apa yang dilakukan secara beda. Juga inisiatif perbaikan yang dilakukan bersama oleh pengusaha dan buruh sawit Indonesia,” kata Sumarjono Saragih, Ketua GAPKI Bidang Pengembangan SDM dan  Chairman Founder WISPO (Worker Initiatives for Sustainable Palm Oil).

Buruh adalah kelompok (stakeholder) penting dalam sawit Indonesia. Jumlah mereka tidak kurang 16 juta orang. Mereka adalah mitra. Dalam hubungan ketenagakerjaan, serikat buruh disebut ‘social partner’. Masa depan sawit juga masa depan mereka. Sebaliknya, mereka jadi pihak yang pertama terdampak bila ada guncangan di sawit. Sangat patut buruh turut aktif terlibat kampanye.

JAGA SAWITAN adalah wadah bersama (bipartit) Serikat Buruh JAPBUSI dan Pengusaha GAPKI yang dideklarasikan Pebruari 2023. Terbentuknya wadah JAGA SAWITAN buah dari proses dialog sosial yang konsisten yang dibantu ILO (International Labour Organisation) sejak 2016.

Rombongan JAGA SAWITAN hadir dari GAPKI dipimpin Sumarjono Saragih (Ketua GAPKI Bidang Pengembangan SDM) dan Nursana Marpaung (Sekretaris Eksekutif Jaringan Buruh JAPBUSI). Diperlukan 15 jam total penerbangan dari Jakarta menuju Milan Italy. Dilanjutkan naik kereta api 2 jam dari Milan ke Turin. Kampus ILO Turin Italy, menjadi pusat kegiatan selama di Eropa (4-8 Des). ILO mengadakan Rural Development Academy (RDA) 2023. Diikuti 90 peserta dari 32 Negara. Agendanya tentang: perdesaan tanpa pekerja anak, kesetaraan jender, dialog sosial, kerja layak dan K3.

RDA 2023 adalah forum berbagi pengalaman dan inisiatif pembangunan perdesaan dari berbagai belahan dunia. Sawit Indonesia diundang untuk memberi inspirasi atas ragam inisiatif dan capaian yang dilakukan bersama oleh ILO, GAPKI dan JAPBUSI sejak 2016. Hampir semua semua topik yang dibahas RDA 2023 kali ini ada dan sudah dilakukan oleh sawit Indonesia. Baik berupa inisiatif, praktek baik maupun model pengembangan yang bisa jadi contoh dan inspirasi. Ini salah satu cara efektif untuk kampanye sawit apalagi dilakukan bersama buruh dan pengusaha.

Baca Juga:  PERLU ADA INPRES PERCEPATAN PEREMAJAAN KEBUN SAWIT RAKYAT

Pembangunan perdesaan (rural development) menyimpan sejumlah pekerjaan rumah. Perdesaan juga jadi harapan atas kebutuhan pangan dan pertumbuhan ekonomi dunia. Oleh karena itu ekonomi perdesaan harus tangguh, menarik orang muda, berkeadilan sosial, inklusif dan menyediakan peluang kerja layak.

Peran sawit Indonesia sangat nyata di perdesaan. Ada banyak yang bisa jadi referensi. Salah satunya adalah upaya kolaboratif pengusaha (GAPKI) dan buruh (JAPBUSI). Menjadikan sawit Indonesia menggerakan ekonomi perdesaan. Meningkatkan dan mendorong kualitas kerja layak yang sesuai dengan standar internasional.

Turut dibagikan adalah kisah proses dialog antara GAPKI dan Serikat Buruh. Terbukti dialog yang berkelanjutan dan terbuka berhasil meletakkan fondasi kerjasama yang saling percaya. Upaya ini menjadikan sawit Indonesia berkelanjutan melalui kerja layak (decent work).

Sawit Indonesia menjadi model dalam membangun relasi pengusaha dan buruh. Pengusaha dan Buruh berhasil menjadi mitra dialog (sosial) yang sejajar dalam wadah JAGA SAWITAN. Wadah ini kemudian dipuji oleh Michico Miyamoto, Director ILO Indonesia Timor Leste,  sebagai sebuah capaian yang unik, historik bahkan terbesar di dunia. Pujian yang membangkan sekaligus menantang. Dikatakan terbesar karena menyangkut perusahaan dan populasi pekerja yang besar. Ada lebih 700 perusahaan anggota GAPKI dan tidak kurang dari 2 juta anggota dalam jaringan 10 Federasi JAPBUSI.

Bendera JAGA SAWITAN kini berkibar di Eropa. Model kampanye dan diplomasi sawit yang dilakukan pengusaha dan buruh perlu dilanjutkan dan diperluas. Narasi baru perlu dikembangkan untuk membantah tudingan tak berdasar. Aksi dan perbaikan nyata di lapangan juga perlu lebih masif.