2nd T-POMI
2024, 13 Februari
Share berita:

Jakarta, mediaperkebunan.id – Telah beredar resep kopi lemon untuk diet di platform media sosial. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya masyarakat yang mengikuti resep kopi lemon untuk menurunkan berat badan.

Faktanya, resep tersebut tidak dapat dijadikan minuman untuk diet. Dilansir dari kominfo.go.id, resep tersebut hoax karena kopi dan lemon tidak berhubungan dengan penurunan berat badan.

Benarkah kopi campur lemon bisa turunkan berat badan?

Lemon dan kopi merupakan bahan yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun, jika dicampurkan minuman tidak mempunyai manfaat untuk menurunkan berat badan. 

Menurut President of the French-speaking Society for Clinical and Metabolic Nutrition (SFNCM) menjelaskan bahwa kopi yang disajikan secara panas atau dingin tidak dapat membuat penurunan berat badan. Kemudian lemon yang merupakan sumber vitamin C bagi tubuh juga tidak menyebabkan penurunan berat badan.

Tambahan lemon akan membuat kopi menjadi lebih beraroma dan menambahkan kandungan vitamin C di dalamnya. Tidak ada manfaat nutrisi yang signifikan untuk membuat resep viral menjadi resep sehat untuk diet.

Kopi memang efektif menekan nafsu makan serta meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan karena kafein dalam 1 cangkir kopi dapat meningkatkan kerja Brown Adipose Tissue (BAT).

Peningkatan aktivitas BAT dapat meningkatkan laju metabolisme yang membantu proses penurunan berat badan. Proses BAT akan memaksimalkan proses pembakaran kalori hingga 150 kalori di dalam tubuh.

Efek penunuran berat badan untuk orang diet akan potensial karena adanya kafein di dalam kopi, bukan karena campuran lemon dalam kopi. Cara yang dapat dilakukan agar proses diet menjadi lancar adalah konsumsi makanan dengan sedikit kalori dan berolahraga. 

Efek samping

Minum kopi campur lemon untuk diet ternyata mempunyai efek samping dan berbahaya bagi beberapa orang. Terutama bagi orang yang mempunyai penyakit asam lambung.

Baca Juga:  Harga TBS di Sumsel Naik Rp 149,29/kg

Kandungan asam dalam campuran dua senyawa dapat meningkatkan kadar pH asam yang semakin tinggi. Hal tersebut membuat resep viral tersebut tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, terutama pada penderita asam lambung.

Pada beberapa kasus, minum campuran tersebut dapat mengakibatkan diare yang berlebihan. Selain itu, efek asam pada resep yang ternyata bahaya tersebut dapat berefek negatif yang menimbulkan noda kuning pada gigi.

Konsumsi kopi yang berlebihan juga akan menimbulkan berbagai efek negatif pada beberapa orang. Kafein dalam kandungan kopi yang dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan kecemasan, detak jantung yang meningkat, insomnia, kegelisahan dan sakit perut. Oleh karena itu, para ahli menyarankan agar seseorang mengurangi kafein secara bertahap.

Resep ini ternyata tidak bisa digunakan sebagai bahan untuk diet karena tidak dapat menurunkan berat badan. Lebih baik kopi dan lemon dimanfaatkan untuk asupan sehari-hari bukan sebagai asupan untuk menurunkan berat badan. Agar proses diet berhasil sebaiknya melibatkan diri untuk berolahraga, menjaga pola makan, menerapkan perilaku sehat, menjaga pola tidur yang baik dan mengelola stres.