29 May, 2020

Sejak pandemi Covid-19 perkuliahan di Politeknik LPP Yogjakarta berlangsung secara on line. “ Sekitar 90% mahasiwa pulang kampung, hanya 10% yang bertahan di Yogja. Perkuliahan on line akan berlangsung sampai pertengahan Juli atau akhir semester ini,” kata Ari Wibowo, Direktur Politeknik LPP Yogjakarta.

PKL (Praktek Kerja Lapang) atau magang mahasiswa tingkat 1,2 dan 3 dikebun dan pabrik , ditunda, rencananya akan dilaksanakan tahun depan. “Sebelum pandemi sebenarnya sudah ada beberapa perusahaan yang siap menerima PKL dan mahasiswa juga siap berangkat. Dengan adanya pandemi kita batalkan karena tidak mau ambil risiko, perusahaan juga tidak menerima tamu dari luar,” katanya.

Sebagai pengganti PKL maka diadakan sharing online industri. Pihak industri tampil dalam webinar yang dinamakan Kuliah Umum Praktisi Online (KUMPUL) yang diadakan setiap minggu.

Sedang mahasiswa tingkat akhir yang direncanakan lulus Oktober tahun ini, PKLnya diganti dengan PKL tematik. “Tergantung program studinya. Bagi mahasiswa program studi budidaya tanaman mereka harus membuat video penyuluhan teknis budidaya tanaman kelapa sawit, karet, kopi, tebu. Program studi teknik mereka harus membuat analisis sistem sistem yang ada di pabrik dan inovasi terkait penggunaan limbah hasil perkebunan. Program studi akuntansi mereka harus membuat studi kasus keuangan,” katanya.

Politeknik Perkebunan LPP selain perkulahan juga banyak disi praktikum. Praktikum bagi yang memungkinkan dilakukan secara online. Sedang bagi yang tidak terpaksa ditunda semester depan atau tahun depan.

Kuliah normal dengan tatap muka diperkirakan akan dimulai bulan September, demikian juga kuliah perdana mahasiswa baru. “Tetapi kita harus lihat dulu bagaimana kondisinya. Sedang wisuda yang seharusnya bulan Oktober dirubah jadi Pebruari. Mahasiswa masih bisa lulus tepat waktu karena setiap bulan ada yudisium , hanya wisudanya saja yang digeser,” kata Ari lagi.

Saat ini karyawan Poltek LPP masih bekerja dari rumah tetapi tanggal 2 Juni nanti sudah bekerja dengan pembatasan waktu dikantor dan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan yaitu memakai masker, menyediakan hand sanitizer dan melakukan pembatasan sosial.

Penerimaan Mahasiswa Baru juga sudah dilaksanakan secara online baik pendaftaran maupun testnya. Test beasiswa pemda Labuhan Batu Selatan juga sudah dilaksanakan on line. Nanti akan menyusul launching beasiswa BPDPKS dan Dapenbun, pendaftaran on line sedang testnya tergantung situsasi.

Hikmah dari pandemi ini adalah sistem pembelajaran benar-benar berubah. “Kuliah online yang sebelumnya hanya slogan sekarang benar-benar dilaksanakan. Aspek positif lainnya adalah bisa menilai keaktifan mahasiwa, yang dalam kuliah tatap muka sering tidak terkontrol misalnya ada mahasiwa yang duduk di belakang ngantuk,” katanya.

Sistim perkuliahan on line dilakukan dengan berbagai platform mulai dari zoom, google meet sampai yang paling sederhana WA group. LPP juga sudah punya sistem sendiri bekerjasama dengan operator seluler Telkomsel, XL dan Indosat sehingga kuotanya lebih murah.

(Visited 124 times, 1 visits today)