21 February, 2020

Tandan kosong sawit bagi Mitsubishi Heavy Industries (MHI), Jepang, adalah salah satu limbah sawit yang belum banyak diolah. Karena itu MHI saat ini sedang mengembangkan teknologi untuk mengolah tandang kosong menjadi berbagai produk. Satoshi (SAM) Wakui, Manager Enterprise Business Departement No 1 Marketing and Innovation Headquarters, MHI, menyatakan hal ini ketika berkunjung ke Sekretariat ISPO.

Satoshi didampingi oleh Masahiko Morino, Chief Representarive dan dan Dimas M Kanaan Manager Business Development Jakarta Liason office, MHI. Dalam kesempatan itu , Kepala Sektretariat ISPO R Aziz Hidayat menerangkan segala aspek tentang ISPO.

Saat ini MHI baru tahap awal dan sedang road show mencari tahu situasi terkini dari pengolahan limbah sawit ini. MHI sendiri sudah dan sedang mengembangkan “Biomass Technology and Solutions” untuk merealisasikan “Sustainability Society” dan “Feasible Business” sesuai tuntutan masyarakat. MHI akan mengembangkan teknologi sesuai dengan tujuan tersebut.

“Kami sangat terbuka bekerjasama dengan berbagai pihak. Kalau ada yang teknologinya lebih maju dari kami maka akan kami gunakan,” katanya.

Beberapa alternatif pengolahan tandan kosong yang selama ini sudah berjalan penelitiannya oleh berbagai pihak adalah diolah menjadi briket, pembangkit listik, gas, pupuk dan produk-produk lain yang bernilai tambah tinggi. Mitsubishi ingin masuk dalam teknologi pengolah tangkos, kemudian setelah ini bisa langsung jadi produk, atau lewat proses lain seperti digester, komposting dan lain-lain menjadi berbagai produk.