2nd T-POMI
2024, 7 Februari
Share berita:

Jakarta, mediaperkebunan.id – Budidaya kelapa kopyor bisa jadi bisnis yang menggiurkan. Namun, sebelum memulai usaha ada baiknya mengetahui ciri-ciri benih kopyor terbaik.

Kopyor di Jawa Tengah disebut garoh. Garoh adalah kelainan genetik pada buah kelapa. Ciri kelainan genetik pada buah kelapa yang empuk dan terlepas dari tempurungnya, jumlah air yang sedikit, dan aroma yang khas dan berbeda dari daging kelapa biasa menjadikan dinamai dengan sebutan kopyor.

Ciri tersebut sebenarnya merupakan hasil mutasi di bagian mayang yang bersifat setempat, yaitu biasa dikenal sebagai Chimera. Buah kelapa kopyor yang bisa dikenali dengan menggoyang-goyangkan buahnya. Goyangkan buah ke kiri, apabila bunyi seolah buah kelapa bukan berisi air tetapi terisi pasir, maka itu adalah kelapa kopyor.

Berbeda dengan daging kelapa biasa, buah kelapa kopyor lebih lembut dan sedap. Biasanya, buah kelapa banyak dicari untuk bahan kue baik kue kering maupun basah. Sebagian masyarakat di Jawa bahkan menjadikan kelapa sebagai bahan utama pembuatan makanan tradisional.

Dilansir dari mediaperkebunan.id, kelapa kopyor merupakan varietas asli Indonesia yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Tak dipungkiri, kelapa kopyor banyak diminati karena memiliki daging buah yang empuk dan bisa dikonsumsi sebagai minuman atau makanan.

Kendati demikian, meski kelapa kopyor banyak permintaan areal kebun kelapa milik petani luasannya kecil-kecil. Untuk luas kebun sebesar 3 ha, setiap bulan petani mampu menghasilkan 1.500 -1.700 butir. Padahal, produsen makanan berbahan dasar kelapa kopyor seperti es krim kerap antri untuk mendapatkan hasil produksi petani kita.

Oleh karena itu, pihak Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) menyarankan masyarakat untuk menanam kelapa kopyor. Permintaan kelapa kopyor yang tinggi bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

Baca Juga:  DITJENBUN MASIH MEMPERJUANGKAN ANGGARAN PEREMAJAAN KARET RAKYAT

Bibit kelapa kopyor memang mudah ditemukan, tetapi sebelum membudidayakannya harus jeli dalam memilih bibit terbaik. Dengan menanam bibit yang berkualitas, kelapa kopyor akan tumbuh subur dan menghasilkan keuntungan.

Berikut ini ada ciri-ciri benih kelapa kopyor terbaik:

Benih Berasal dari Tempat Terpercaya

Benih kelapa kopyor yang baik berasal dari tempat terpercaya. Perlu diketahui, karena banyak peminatnya, penjual bibit kelapa kopyor di Indonesia sangat banyak. Namun, tak semuanya menjual benih yang terbaik.

Untuk mendapatkan benih kopyor yang berkualitas, belilah di tempat yang sudah memiliki testimoni positif. Lebih bagus jika membeli benih kelapa kopyor di tempat yang resmi dan sudah tersertifikasi kualitasnya.

Benih Kelapa Kopyor Terbaik Sudah Diseleksi dari Pohon

Benih perlu diseleksi dari pohonnya agar jadi bibit yang berkualitas karena buah kelapa yang cocok untuk pembibitan harus matang secara fisiologis. Tak sulit dicari, bibit kelapa kopyr biasanya mudah ditemukan di pasaran.

Untuk tipe kelapa, bibit kopyor bisa ditemukan saat pohon berumur 11 tahun sampai 12 bulan. Namun, untuk kelapa genjah, bibit kopyor terdapat pada pohon yang berumur 11 bulan.

Benih Kelapa Kopyor Sudah Dilakukan Pendadaran

Pendederan pada kelapa kopyor dapat dilakukan di tempat penyemaian bagian atas kelapa yang sudah didayat. Usai disayat satu arah ke samping, benih dideder kembali sekitar 5 cm jaraknya dengan panjang garis 15 cm.

Benih Sudah Didiamkan 2 Minggu

Bibit kelapa kopyor baru bisa dikatakan siap tanam setelah didiamkan di tempat teduh selama 2 minggu. Bibit yang sudah didiamkan dua minggu akan terjamin kualitasnya dan tanaman kelapa kopyor akan tumbuh subur.

Kesabaran dan ketelitian jadi poin utama dalam cara memilih benih kelapa kopyor terbaik. Merupakan bisnis yang menggiurkan, hasil penjualan kelapa kopyor yang berkualitas bisa menghasilkan puluhan juta rupiah.

Baca Juga:  BENIH SAWIT HASIL KULTUR JARINGAN AKAN SEMAKIN DIMINATI

Kamu bisa baca betapa menggiurkannya bisnis kelapa kopyor pada tulisan berikut ini:

Bisnis Kelapa Kopyor Sangat Menggiurkan

Sumber: Ditjenbun Pertanian, TIP Pati