2nd T-POMI
2022, 13 Juli
Share berita:

NATAR, Mediaperkebunan.id – Kementerian Pertanian serahkan bantuan peralatan roasting kopi berkapasitas 5 kilogram kepada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung. Diharapkan bantuan tersebut dapat melancarkan produksi.

Kepala BPTP Lampung Jekyv Hendra menyebutkan, kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Provinsi Lampung, selain lada. Saat ini Provinsi Lampung tengah mengembangkan kopi robusta dataran rendah untuk mendongkrak perekonomian petani.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat melakukan kunjungan di Kabupaten Tulang Bawang, mengatakan, produktivitas kopi mesti ditingkatkan. Karena produksi kopi Indonesia masih jauh dari potensi.

“Produktivitas kopi kita masih kalah dari Vietnam yang mampu hasilkan sampai 3 toh per hektar. Ini menjadi tantangan kita,” ujar Sudin saat panen perdana padi gogo di lahan kebun karet PT Huma Indah Mekar, Kecamatan Tulang Bawang, Lampung, Selasa (12/7).

Menurut Sudin, sinergitas dan kerjasama dengan Kementerian Pertanian menjadi kunci untuk memecahkan masala sektor pertanian di Propinsi Lampung. Apalagi saat ini Lampung tengah berupaya mengembangkan potensi lada perdu dan kopi robusta dataran rendah.

Dalam kunjungan kerja Anggota Komisi IV DPR RI didampingi mitra kerja antara lain Kementerian Pertanian, Kementerian KLHK, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Turut hadir Direktur Jenderal Perkebunan yang diwakili Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Ardi Praptono. (YR)

Baca Juga:  PEMERINTAH PINJAM RAW SUGAR UNTUK RAFINASI JADI GULA KRISTAL PUTIH UNTUK KONSUMSI MASYARAKAT