2nd T-POMI
2024, 20 Februari
Share berita:

Jakarta, mediaperkebunan.id – Benarkah minum teh setiap hari bikin cantik alami? Simak faktanya dalam tulisan ini.

Teh merupakan minuman dengan kandungan kafein di dalamnya. Teh berasal dari tanaman teh yang terbagi dari empat kelompok yakni teh hijau, teh oolong, teh hitam dan teh putih.

Teh menjadi salah satu minuman yang disukai banyak orang. Setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda untuk menikmati teh. Ada yang menikmati teh saat sarapan, saat makan siang, saat sedang menikmati waktu luang dan meminum teh saat sebelum tidur.

Tidak hanya nikmat, teh juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, apakah benar minum teh setiap hari dapat membuat seseorang menjadi cantik alami?

Kandungan dalam teh

Teh mempunyai banyak zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari yankes.kemenkes.go.id, teh mempunyai kandungan polifenol, vitamin A, vitamin C dan vitamin E. 

Daun teh mengandung sebanyak 30%-40% polifenol yang berbentuk katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang menyingkirkan radikal bebas dan mampu mencegah sel kanker di dalam tubuh.

Kemudian kandungan vitamin A pada teh berbentuk senyawa betakaroten. Betakaroten ini mampu memenuhi kadar vitamin A dalam tubuh. Kandungan vitamin C dalam tubuh juga berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat imunitas atau daya tahan tubuh manusia. 

Tidak hanya itu, kandungan vitamin E bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus. Kandungan vitamin E pada daun teh mampu memberikan kebutuhan jumlah harian bagi tubuh.

Khasiat minum teh bagi tubuh

Dilansir dari dinkes.kalbarprov.go.id, meminum teh dapat memberikan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

  1. Melawan radikal bebas

Kandungan antioksidan di dalam teh dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh muncul karena adanya proses pembakaran. Radikal bebas ini membahayakan sel-sel dalam tubuh sehingga manusia membutuhkan antioksidan untuk melawannya.

  1. Menjaga kesehatan jantung
Baca Juga:  IPS Usulkan Bentuk Kementerian Khusus

Teh hitam, teh hijau dan teh kembang sepatu dapat menjaga kesehatan jantung, membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungi kardiovaskular. Hal ini disebabkan karena jenis teh tersebut mempunyai senyawa theavlin dan thearubigin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.  

  1. Membuat kulit menjadi cantik alami

Kandungan polifenol dan vitamin E dalam teh ternyata berkhasiat membuat kulit menjadi sehat dan halus. Hal ini disebabkan karena kandungan tersebut dapat membantu memperlambat proses penuaan dini. Selain itu, mengkonsumsi teh hitam secara teratur juga dapat mengurangi resiko terkena kanker kulit.

  1. Memelihara pencernaan

Teh herbal seperti teh jahe, pepermint dan chamomile dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan perut dan membantu meringankan mual dan kembung. Teh hitam juga mempunyai sifat antibakteri ringan yang dapat memelihara kesehatan pada pencernaan usus.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Teh sangat bermanfaat untuk dikonsumsi pada orang yang sedang melakukan program diet. Hal ini disebakan teh merupakan minuman yang hampir tidak mempunyai kalori. Teh juga dapat membantu membakar lemak dan menghambat penyerapan lemak.

  1. Menurutkan risiko penyakit alzheimer

Mengkonsumsi teh hijau dapat mengurangi resiko stress dan menurunkan risiko penyakit alzheimer. Kandungan polifenol dalam teh juga dapat melindungi sel-sel dalam otak terhindari dari risiko kerusakan.

  1. Membuat gigi lebih kuat

Teh hijau mengandung senyawa antibakteri yang dapat bermanfaat untuk membuat gigi lebih kuat. Apabila diminum secara rutin teh hijau dapat mencegah gigi berlubang semakin parah.

Bolehkah minum teh setiap hari?

Teh sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh, namun perlu diingat bahwa konsumsi teh secara berlebihan sangat tidak disarankan. Terlalu banyak minum teh juga menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh. Batas minum teh yang dianjurkan untuk diminum dalam sehari adalah 3-4 cangkir. 

Baca Juga:  Laba PTPN Group Naik Dua Kali Lipat

Terutama mengkonsumsi teh dengan gula setiap hari sangat tidak dianjurkan karena berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum teh dengan menambahkan gula atau pemanis buatan sangat tidak diperlukan.

Mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan diabetes, kerusakan gigi dan penambahan berat badan. Oleh karena itu, meminum teh tanpa gula setiap hari masih dianjurkan dan justru memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Efek samping minum teh secara berlebihan

Teh mengandung kafein sama halnya dengan kopi. Oleh karena itu apabila mengkonsumsi teh secara berlebihan maka jumlah kafein yang masuk dalam tubuh juga berlebih. Hal ini dapat memicu efek samping berupa gelisah, cemas dan stress. 

Tidak hanya itu, kandungan kafein juga dapat menyebabkan susah tidur. Kafein bekerja untuk menghambat produksi melantonin atau hormon tidur. Dengan kesulitan tidur maka akan berdampak pada gangguan kesehatan lainya seperti kelelahan hingga gangguan memori.

Senyawa kafein yang berlebihan juga akan memicu asam lambung bagi penderita maag ataupun gerd. Senyawa tersebut marangsang produksi asam lambung menjadi berlebihan. Efeknya isi lambung menjadi naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa terbakar dan perih di perut dan dada.

Kemudian teh juga mempunyai senyawa tanin yang berisiko mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Penyerapan zat besi yang terganggu menyebabkan defisiensi zat besi. Namun hal ini dapat dicegah dengan cara tidak mengkonsumsi teh pada saat makan. 

Selain itu, meminum teh secara berlebihan juga mengakibatkan sakit kepala dan pusing bagi beberapa orang. Apabila Anda mengalami gejala tersebut ketika minum teh, maka sebaiknya harus dihindari untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa efek samping yang diakibatkan apabila meminum teh secara berlebihan. Semua yang bermanfaat baik apabila dikonsumsi secara berlebihan maka akan berujung tidak baik. Oleh karenanya diperlukan pengawasan diri untuk meminum teh sesuai anjuran takaran setiap hari.

Baca Juga:  Indonesia Harus Rebut Pasar Ekspor Teh