2nd T-POMI
2024, 29 April
Share berita:

Perbedaan white coffee (kopi putih) dan black coffee (kopi hitam) secara umum terletak pada perbedaan proses pemanggangan biji kopi. Kopi putih dipanggang dalam suhu yang rendah dengan waktu yang singkat. Sedangkan kopi hitam dipanggang dalam suhu yang lebih tinggi dengan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan kopi putih.

Lalu apakah perbedaan white coffee dan black coffee hanya terletak pada proses pemanggangannya? Mari simak artikel berikut untuk lebih mengetahui perbedaan apa saja yang ada pada white coffee & black coffee.

Perbedaan Utama White Coffee & Black Coffee 

White coffee dipanggang pada suhu sekitar 325 derajat fahrenheit sedangkan black coffee dipanggang pada suhu sekitar 450 – 480 derajat fahrenheit. Proses pemanggangan ini mengakibatkan white coffee & black coffee mempunyai perbedaan warna pada biji kopinya. Kopi putih mempuunyai warna biji kopi kuning – krem pucat sedangkan kopi hitam mempunyai warna biji kopi yang hitam pekat.

Proses pemanggangan tersebut juga mengakibatkan perbedaan rasa dan senyawa pada white coffee dan black coffee. Kopi putih mempunyai rasa dan senyawa yang lebih pekat dan banyak dibandingkan dengan kopi hitam. Hal ini dikarenakan waktu pemanggangan yang lama akan menghilangkan sebagian besar rasa dan senyawa pada kopi.

Semakin lama biji kopi terpapar panas, semakin rendah kandungan kafeinnya. Kopi putih dapat menjadi pilihan yang ideal di pagi hari untuk membantu menigkatkan energi dan membuat Anda bangun. Sementara kopi hitam mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk malam hari saat Anda membutuhkan semangat tapi tidak ingin kopi tersebut membuat Anda sulit tidur.

Semakin lama biji dipanggang maka akan membuat rasa kopi menjadi semakin asam. Suhu yang lebih tinggi dan waktu pemanggangan yang lebih lama akan memecah minyak dalam biji kopi yang mempunyai pengaruh terhadap keasaman kopi. Kopi putih mempunyai kandungan asam yang lebih sedikit dibandingkan dengan kopi hitam.

Baca Juga:  Resep Kopi Lemon untuk Diet Tenyata Hoax: Begini Faktaknya

Perbedaan white coffee & black coffee juga terletak pada cita rasanya. Kopi putih mempunyai rasa seperti kacang dengan rasa yang asam dan sedikit aroma bunga. Sedangkan kopi hitam mempunyai rasa yang pahit seperti arang dan terasa asam.

Aroma kopi berasal dari minyak dan senyawa lain dalam biji kopi. Karena waktu pemanggangan yang lebih singkat, kopi putih memiliki aroma yang lebih kuat yang alami, halus, dan kaya. Sebagai perbandingan, kopi hitam memiliki aroma yang berbeda, lemah, dan terkadang pahit, seperti rasanya.

Penampilan antara white coffee & black coffee juga terlihat sangat berbeda. Kopi putih sebenarnya mempunyai penampilan warna seperti pirang madu bukan berwarna putih. Konsistensi kopi putih juga lebih ringan cenderung seperti teh atau bir.

Kopi hitam mempunyai penampilan yang tergantung pada waktu kopi dipanggang dan metode penyeduhan kopinya. Hal ini mengakibatkan kopi hitam mempunyai kemungkinan untuk mempunyai penampilan lebih terang, berwarna cokelat, ataupun berwarna cokelat yang lebih gelap. Namun, kopi putih mempunyai penampilan yang lebih ringan walaupun kopi hitan dipanggang dengan proses yang ringan sekalipun. 

Kebanyakan orang memperhatikan apa yang mereka konsumsi agar berat badannya tidak bertambah, dan salah satu cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan memperhatikan kalori yang Anda konsumsi setiap hari. Kabar baiknya adalah bahwa kandungan kalori dalam kopi sangat rendah, sehingga kopi sendiri tidak mungkin menyebabkan penambahan berat badan. Namun, banyak orang minum kopi putih dengan susu, krim, gula, atau sirup yang tinggi kalori, sedangkan kopi hitam biasanya diminum secara original atau dengan tambahan sedikit gula untuk mengurangi rasa pahitnya.

Cara Menyeduh

Jika Anda ingin mencoba white coffee & black coffee, maka penting untuk mengetahui cara menyeduh kedua jenis kopi ini untuk mendapatkan hasil terbaik. Penyeduhan kopi hitam cenderung lebih mudah dibandingkan dengan kopi putih. Ada banyak metode persiapan berbeda yang dapat dilakukan,Anda dapat memilih dari berbagai jenis kopi termasuk menggiling biji kopi utuh, membeli biji kopi yang sudah digiling, ataupun menggunakan kopi instan.

Baca Juga:  Mendorong Hasil Perkebunan ke Kanada

Dapat menyeduh kopi hitam dengan menggunakan mesin espresso, mesin kopi tetes, French press, Moka pot, aeropress, pour-over, atau bahkan mesin kopi pod. Anda juga dapat menggunakan metode cold brewing untuk menyeduhnya dalam keadaan dingin atau cukup menambahkan es ke dalam espresso panas sebelum menuangkan air dingin atau susu di atasnya.

Penting untuk berhati-hati jika Anda ingin membeli dan menyeduh kopi putih. Lakukan riset untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan biji kopi putih yang asli. Cara terbaik adalah membeli biji kopi jenis ini secara utuh karena ini akan memastikan bahwa biji kopi putih tersebut asli.  

Ingatlah bahwa biji kopi ini dapat menjadi sulit untuk digiling karena waktu pemanggangan yang lebih singkat dapat membuatnya cukup keras. Pertimbangkan untuk membeli kopi yang sudah dalam keadaan digiling. Kopi putih paling baik diseduh dengan gaya espresso untuk mendapatkan hasil maksimal pada rasa yang ringan.

Walaupun sebagian besar penikmat kopi sudah mencoba dan menyukai black coffee, ada baiknya Anda juga mencoba white coffee. Kopi putih yang dipanggang dengan hati-hati ini mempunyai cita rasa yang unik dengan kandungan kafein yang lebih tinggi, dan kandungan antioksidan tambahan yang lebih banyak.