https://api.whatsapp.com/send?phone=6281361509763
Petrokimia Gresik
2 November, 2021
Bagikan Berita

Cianjur, Mediaperkebunan.id

Kondisi perbenihan perkebunan saat ini termasuk kopi saat ini belum tersedia tepat waktu, mutu, jumlah, dan tempat. Benih diproduksi di luar kawasan pengembangan.

Oleh karena itu, melalui kegiatan BUN Bermutu Oke (Strategi Penyediaan Benih Unggul Bermutu Kopi, Kelapa, dan Jambu Mete di Kawasan Perkebunan) maka dibangun nursery center di kawasan perkebunan untuk mendekatkan jarak pusat pembibitan dengan lokasi pengembangan.

Salah satu nursery center yang dibangun adalah nursery kopi yang berlokasi di Desa Cidadap, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Pusat pembenihan yang dibangun dari anggaran Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian berdiri di atas lahan seluas 5 hektare, terdiri dari pos jaga rumah genset, area persemaian, area pembesaran, gudang, reservoir, dan gapura. Sarana yang tersedia antara lain kendaraan roda tiga, sprayer, genset, dan sprinkle irrigation.

Nursery Center saat ini dikelola oleh Kelompok Tani Cempaka Wangi yang beranggotakan 22 orang dipimpin Didin Nurdin. Pusat pembibitan kopi saat ini dipelihara oleh kelompok tani berupa menyiram dan membersihkan rumput. Bantuan pupuk NPK dan herbisida dari pemerintah ada dan sudah digunakan. Benih yang ada di lokasi saat ini sedang tahap pembesaran sebanyak 20.000 batang.

“ Anggota Klompok Tani Cempaka Wangi sendiri saat ini tidak ada satu pun yang menanam kopi. Semuanya merupakan petani jagung, sayuran, dan jahe, meskipun dulu pernah menanam Kopi Kiara, tetapi sudah ditebang,” ujar Didin Nurdin yang biasa disapa Abah.

Ia melanjutkan bahwa Kelompok Tani Cempaka Wangi sangat bersyukur dengan adanya bantuan pemerintah yang telah membantu membangun pusat pembibitan kopi beserta kelengkapannya.

“Program pemerintah ini kalau berjalan dengan baik seperti direncanakan pasti akan mensejahterakan petani. Petani yang selama ini tidak tahu kopi jadi tahu. Selain itu yang selama ini tidak bekerja jadi punya pekerjaan budidaya kopi. Kami yang terbiasa menanam sayur bisa mendapatkan penghasilan dari kopi,” ungkapnya.

(Visited 32 times, 1 visits today)
Baca Juga  PRODUSEN KECAMBAH SAWIT DIDORONG SERTIFIKASI MANDIRI