2022, 30 April
Share berita:

Surabaya, Mediaperkebunan.id

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X senantiasa melakukan perbaikan guna meningkatkan kinerjanya, salah satunya di sisi perbaikan varietas. Perbaikan varietas ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tebu dan produksi gula secara optimal. Perbaikan varietas ini dengan mengganti varietas lama yang telah mengalami degenerasi keunggulan genetik dengan varietas unggul yang baru secara periodik. PTPN X bekerjasama dengan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya secara resmi telah melepas varietas unggul tebu baru dengan nama NX-04. Pelepasan varietas ini dilakukan oleh Tim Penilai Pelepas Varietas (TPV) Dirjen Perkebunan, Kementerian Pertanian di Bogor, April 2022.

NX-04 sendiri berasal dari klon tebu unggul harapan JSR 1205-64 yang merupakan hasil persilangan Puslit Gula PTPN X di tahun 2012. JSR 1205-64 merupakan klon unggul harapan masak awal sampai tengah yang menunjukkan potensi produktivitas tinggi sehingga dapat menggantikan varietas masak awal tengah.

“Sesuai dengan Road Map swasembada gula Indonesia, diperlukan upaya peningkatan produksi gula antara lain melalui peningkatan produktivitas. Peningkatan produktivitas gula dapat dicapai dengan menggunakan varietas tebu unggul, salah satunya NX-04,” tegas Tuhu Bangun, Direktur PTPN X.

Varietas NX-04 cocok digunakan pada tipologi lahan tekstur berat berjenis tanah Vertisol dan pada tipologi lahan tekstur ringan berjenis tanah Regosol. Varietas ini juga teruji dapat menghasilkan rendemen di angka 9-10%.

Pelepasan klon unggul harapan tebu NX-04 menjadi varietas unggul baru diharapkan dapat mendukung pengembangan tebu nasional, tidak hanya di Jawa Timur yang memiliki iklim dan agroekologi serupa, sehingga pada akhirnya diharapkan dapat mendukung program swasembada gula nasional.