2nd T-POMI
2024, 30 April
Share berita:

Jakarta, Mediaperkebunan.id РJenis kopi terbaik di dunia harus diketahui oleh pecinta kopi. Setiap kopi mempunyai banyak sekali jenis, cita rasa, aroma, dan tekstur yang unik. Secangkir kopi akan menjadi lebih nikmat apabila menggunakan jenis kopi terbaik di dunia. 

Tentu saja, ada beberapa biji kopi yang mempunyai kualitas terbaik dengan cita rasa yang unik. Jenis kopi apa saja ya yang termasuk dalam kopi terbaik di dunia? Simak artikel ini untuk mengetahuinya lebih lanjut!

Kopi Tanzania Peaberry 

Menurut Espresso & Coffee Guide, tanzania peaberry coffee meurpakan salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi tanzania mempunyai cita rasa buah yang kaya dengan sedikit asam. Biasanya kopi jenis ini mempunyai cita rasa seperti kismis hitam yang lembut seperti cokelat.

Kopi tanzania berasal dari wilayah Afrika yang terkenal dengan budidaya kopinya pada pegunungan terkenal di Afrika. Pohon kopi yang ditanam pada lereng gunung dan tanah disekitarnya akan mempunyai banyak mineral. Hal tersebut membuat pohon kopi tanzania tumbuh dengan cepat dan mempunyai kematangan dan rasa yang seimbang.

Tanzania peaberry dibandrol dengan harga jual yang mahal karena berasal dari biji kopi yang langka. Kopi peaberry berasal dari ceri kopi yang mempunyai satu biji kopi yang berkembang di dalam buah. Hal ini membuat peaberry biji kopi peaberry tumbuh lebih besar dan tidak pipih seperti biji kopi pada umumnya.

Kopi Nikaragua

Kopi nikaragua menjadi salah satu kopi terbaik lainnya dengan mempunyai cita rasa kopi yang kompleks dengan rasa asam yang ringan. Kopi nikaragua mempunyai aroma buah citrus seperti rasa jeruk yang sudah matang. Selain itu ada beberapa biji kopi yang mempunyai aroma buah dengan rasa manis yang mengingatkan pada buah batu yang matang.

Baca Juga:  Pemerintah Mendorong Petani Kopi Berkoperasi

Seperti namanya, kopi nikaragua berasal dari negara Nikaragua yang terletak di wilayah Amerika Tengah dan merupakan negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Produksi merek-merek kopi Nikaragua terpusat di wilayah timur laut yakni Jinotega, Matagalpa, Nueva Segovia, Estelí, dan Madriz. Perkebunan kopi nikaragua ditanam pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Kopi Sumatra Mandheling

Jenis kopi sumatra mandheling terkenal dengan rasa kopinya yang lembut dengan tingkat keasaman yang rendah. Kopi ini mempunya aroma yang kompleks dengan rasa manis yang kuat. Proses karamelisasi dalam pemanggangan biji kopi membuat kopi jenis ini mempunyai rasa herbal dan earthy. 

Kopi sumatra mandheling berawal dari sistem paksa yang dilakukan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1835. Biji kopi yang berasal dari wilayah Jawa ini dibudidayakan di tanah Sumatra yakni Tano Bato. Budi daya kemudian diperluas ke banyak daerah mulai dari Pakantan, Angkola, hingga Tapanuli Selatan.

Kopi Kona Hawaii

Kopi kona memiliki ciri khas rasa yang seperti madu, karamel dan cokelat susu. Kopi ini juga dikenal dengan rasa yang halus dan seimbang dengan sedikit rasa pedas. Biji kopi kona yang dipanggang lebih lama akan menciptakan rasa kopi yang lebih pekat dan rasa manisnya akan berkurang. 

Jenis kopi ini berasal dari wilayah Kona pada sisi barat Pulau Hawaii dengan sebagian besar varietas kopinya di sebut Kona Typica. Tanah mineral, lokasi yang tinggi, dan iklim Hawaii memengaruhi cara petani menanam, memanen, dan memproses biji kopi Kona. Hal tersebut juga mempengaruhi kematangan dan rasa biji kopi yang manis, buah, dan kacang yang khas pada kopi Kona.

Kopi Toraja Sulawesi

Baca Juga:  Kopi Indonesia Dicintai Penggiat Media Sosial Ukraina

Kopi toraja dikenal dengan rasa dan kepekatan kopinya yang kental. Kopinya mempunyai cita rasa cokelat hitam dan buah yang matang dengan tingkat keasaman yang rendah. Walaupun begitu, kandungan kafein pada kopi toraja tetap dapat membuat penikmatnya bersemangat.

Kopi terbaik di dunia ini di tanam pada daerah perbukitan Gunung Sesean di Toraja, Sulawesi. Daerah pegunungan ini memiliki ketinggian 700 hingga 2.100 meter di atas permukaan laut. Biasanya, pohon kopi ditanam di ketinggian 1.700 meter dan daerah sekitarnya ditumbuhi tanaman rempah-rempah.

Kopi Yirgacheffe Ethiopia

Ethiopia merupakan negara yang dianggap sebagai tempat kelahiran biji kopi yang di mana tanaman kopi dapat tumbuh dengan liar di seluruh dataran tinggi yang subur dan hijau. Kopi yirgacheffe ditanam pada dataran tinggi 1.700 – 2.200 meter di atas permukaan air laut. Pemrosesan yirgacheffe secara alami dilakukan dengan cara menjemur biji kopi di bawah sinar matahari.

Kopi yirgacheffe terbaik dikenal dengan rasa dan aromanya yang manis dengan tingkat kepekatan sedang hingga ringan. Mempunyai keasaman yang ringan dengan rasa yang kuat, bersih, dan aroma yang kompleks seperti aroma bunga atau aroma kelapa bakar. Kopi yirgacheffe memiliki aroma yang tinggi, floral dan citrusy.

Kopi Moka Jawa

Kopi moka jawa berasal dari perpaduan biji kopi terkenal yakni kopi moka arabika Yaman dan kopi arabika Jawa Indonesia. Dua kopi yang mempunyai karakteristik unik ini menciptakan secangkir kopi dengan rasa yang komplek dan seimbang. Sebenarnya campuran kopi moka jawa ini jarang ditemukan dan mempunyai harga yang mahal, namun terdapat racikan terbaru yang menawarkan kopi moka jawa dengan harga yang terjangkau.

Kopi moka jawa menawarkan kombinasi rasa dan tekstur yang unik bagi peminumnya. Perpaduan kopi Yaman yang ringan dan beraroma buah dengan kopi Indonesia yang kaya akan rasa. Minuman kopi jenis ini mempunyai rasa seperti buah jeruk dan beri yang kuat dan diikuti dengan aroma herbal.

Baca Juga:  KBRI Mendorong Ekspor Kopi ke Mesir

Kopi Antigua Guatemala

Kopi premium antigua menunjukkan kualitas kopi terbaik dari Guatemala. Kopi antigua mempunyai rasa pedas dengan sedikit rasa cokelat karamel yang kuat. Selain itu, kopi ini juga mempunyai aroma bunga 

Dari segi aroma, kopi ini memiliki intensitas bunga yang menonjol serta sedikit rasa buah jeruk. Dari segi rasa, Antigua memiliki rasa pedas dan berasap dengan sedikit rasa cokelat dan karamel yang kuat. Tidak seperti kebanyakan kopi Amerika Tengah, Antigua memiliki tekstur yang kaya yang sangat cocok untuk dark roast dan espresso.

Nah itu dia ke 7 jenis kopi terbaik di dunia. Apakah salah satunya sudah pernah Anda coba? Sangat disayangkan apabila Anda merupakan pecinta kopi namun belum mencobanya!