23 October, 2020

CIBITUNG, Mediaperkebunan.id – Di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat civitas akademik Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE) melakukan wisuda mahasiswanya. Sebanyak 147 mahasiswa Program Diploma III Angkatan XII tahun akademik 2019/2020 dinyatakan lulusan pada tahun 2020 ini.

“Wisuda kali ini dilaksanakan secara dalam jaringan atau online, dikarenakan kondisi pandemi Covid-19, yang menyebabkan sampai saat ini wilayah Kabupaten Bekasi belum berubah menjadi zona hijau sebagai syarat pelaksanaan wisuda secara off line,” ujar Direktur Poltek CWE St Nugroho Kristono dalam sambutannya, Kamis (22/10).

Nugroho menyebutkan, dari 147 lulusan masing-masing terdiri dari 64 lulusan Program Studi D3-Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit, 29 lulusan Program Studi D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit, dan 54 lulusan Program Studi Manajemen Logistik. Sedangkan lulusan berpredikat cum laude atau pujian berjumlah 12 lulusan yang terdiri dari 4 lulusan Prodi D3-Budidaya, 2 lulusan Prodi D3-Teknologi Pengolahan, dan 6 lulusan Prodi D3-Manajemen Logistik.

Jumlah mahasiswa aktif tahun akademik 2020/2021 adalah 593 mahasiswa, terdiri dari 220 mahasiswa D3-Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit, 133 mahasiswa D3-Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit, 150 mahasiswa D3-Manajemen Logistik, dan 90 mahasiswa D4/Sarjana Terapan-Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan.

Pada tahun akademik 2020/2021 ini, jumlah mahasiswa baru sebanyak 168 orang, yang terdiri dari 42 mahasiswa D3-Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit, 39 mahasiswa D3-Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit, 46 mahasiswa D3-Manajemen Logistik, dan 41 mahasiswa D4-Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan.

“Dengan demikian, sampai dengan wisuda angkatan ke 12 hari ini, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi telah meluluskan dari program Diploma 3 sebanyak 1192 lulusan, yang terdiri dari 522 lulusan D3 Budidaya, 282 lulusan D3 Teknologi Pengolahan, dan 388 lulusan D3 Manajemen Logistik,” ungkap Nugroho.

Dalam kesempatan itu, Nugorho juga mengucapkan terima kasih atas beberapa prestasi mahasiswa dan dosen dalam ajang olah raga, seni, pengabdian masyarakat, dan penelitian. Demikian juga dukungan dan peran serta perusahaan-perusahaan dan lembaga atas kerjasamanya, antara lain PT Unggul Widya Teknologi Lestari, PT Mulya Inti Perkasa, PT. Citra Borneo Indah, Keling Kumang Group, PT. Kencana Cakra Buana atas penempatan lulusan Poltek CWE dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS) atas beasiswa 360 orang putra/i petani Kelapa Sawit dari 22 provinsi di Indonesia.

Lebih lanjut Nugroho mengatakan, dalam mendukung pengelolaan kelapa sawit yang berkelanjutan dan dalam era teknologi 4.0, Politek CWE, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berencana menambah program studi Sarjana Terapan di bidang Teknologi Informasi, dan Mekatronika.

“Selain itu, sebagai perguruan tinggi vokasi, kami prioritaskan pengembangan kerjasama dengan industri dan perguruan tinggi lain untuk mendukung program Mendikbud dalam hal Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, serta sertifikasi kompetensi,” ujar Nugroho (YR).

(Visited 87 times, 1 visits today)