https://api.whatsapp.com/send?phone=6281361509763
17 June, 2022
Bagikan Berita

Jakarta, Mediaperkebunan.id

Tahun ini Ditjen Perkebunan meningkatkan jumlah peserta beasiswa pengembangan SDM kelapa sawit jadi 1.000 orang. Tahun lalu penerima beasiwa untuk 660 orang. “Tahun 2023 kita harapkan akan bertambah lagi,” kata Direktur Perlindungan Perkebunan Baginda Siagian.

Syarat mengikuti pendaftaran juga tahun ini dibuat lebih mudah dibanding tahun lalu. Hal ini dilakukan sesudah mengadakan monitoring dan evaluasi tahun lalu. Beasiswa ini ditujukan kepada keluarga pelaku usaha kelapa sawit yang ada di 26 provinsi.

Siapa saja yang bisa ikut beasiswa juga diperluas yaitu keluarga pekebun kelapa sawit; karyawan/pekerja pada usaha budidaya atau pengolahan yang dimaksud olahan adalah sampai penghasil CPO saja; pengurus/angggota/koperasi/lembaga yang bergerak dalam perkelapa sawitan; ASN yang mengurus perkelapasawitan. Keluarga yang dimaksud adalah suami, istri dan anak.

Perguruan tinggi yang ditunjuk sebagai tempat belajar penerima beasiswa ada 7, bertambah 1 dari tahun sebelumnya yaitu 6. Perguruan tinggi itu adalah Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta; Politeknik Lembaga Pendidikan Perkebunan Yogyakarta; Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi Bekasi; InstitutTeknologi Sawit Indonesia Medan; Institut Teknologi Sains Bandung, sedang yang baru tahun ini adalah Instiper.

Alur pendaftaran penerima beasiswa juga seperti tahun lalu. Seleksi semuanya dilakukan oleh Ditjenbun. Peserta yang lulus seleksi diberikan pada dinas perkebunan untuk diverifikasi. Setelah itu dikembalikan lagi pada Ditjenbun untuk dibuat rekomtek. Pendaftaran dibuka tanggal 15 Juni – 19 Juli 2022 secara onlie lewat website Ditjenbun dan Beasiswasawit.id Perbaikan persyaratan bagi yang belum lengkap sampai 22 Juli. Pengumuman peserta yang lolos.

Arfie Thahar dari Direktorat Penyalura Dana Perkebunan Kelapa Sawit menyatakan tahun ini beasiswa diberikan untuk belajar di Poltek CWE D3 Teknologi Pengolahan Sawit, Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit, Manajemen Logistik dan D4 Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan. AKPY D1 Pemeliharaan Kelapa Sawit dan Pembibitan Kelapa Sawit.

Baca Juga  Minamas Plantation Integrasikan Kemandirian Ekonomi dan Pencegahan Karhutla

Politeknik Kampar D2 Teknik Pengolahan Kelapa Sawit; D3 Teknik Pengolahan Sawit, Perawatan dan Perbaikan Mesin, Teknik Informatika. Politeknik LPP D2 Perawatan Mesin; D3 Budiaya Tanaman Perkebunan, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Akuntansi; D4 Pengelolaan Perkebunan.

ITSI D4 Budidaya Perkebunan dan Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan; S1 Agribisnis, Proteksi Tanaman,Sistim Teknologi Informasi, Teknik Kimia. ITSB D3 Teknologi Pengolahan Sawit. Instiper S1 Agroteknologi dan Agribisnis.

(Visited 27 times, 1 visits today)