Petrokimia Gresik
19 March, 2021
Bagikan Berita

Surabaya, mediaperkebunan.id – Menghadapi musim giling tahun 2021, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menyiapkan strategi dan inisiatif utama guna mencapai target-target kinerjanya. PTPN X akan fokus pada tiga sasaran utama, yaitu sinergy & profitability; operational excellence; dan ekspansi lahan.

Pada sasaran sinergy & profitability, PTPN X berfokus pada perbaikan off farm, peningkatan hari giling, dan pemberdayaan workshop Nusantara Maintenance Facilities (NMF), sedangkan terkait operational excellence, produktivitas dan rendemen yang akan ditingkatkan. Pada sasaran ekspansi lahan, PTPN X akan menambah lahan IPL dan juga meningkatkan lahan Agroforestry melalui sinergi dengan Perhutani.

“Guna mencapai tiga sasaran utama tahun 2021 ini, PTPN X memiliki inisiatif utama yang akan dijalankan yaitu optimalisasi aset, intensifikasi, dan ekstensifikasi lahan,“ terang Aris Toharisman, Direktur PTPN X.

Optimalisasi aset yang akan dilakukan antara lain kerjasama pengembangan lahan/bangunan, mengundang investor strategis, optimalisasi produksi kompos dan gula ritel, serta pengembangan cerutu. Di sisi intensifikasi dan ekstensifikasi lahan, PTPN X akan melakukan pemanfaatan varietas unggul baru hingga peningkatan kemitraan dengan petani.

Dari sisi keuangan, PTPN X juga akan melakukan cost reduction program (CRP) yang terintegrasi dengan lean six sigma. CRP adalah mengurangi biaya yang tidak memberikan keuntungan bisnis, namun tanpa memberikan dampak negatif terhadap kualitas. Aris juga meminta masing-masing anak perusahaan untuk terus melakukan optimalisasi kapasitas produksi dan evaluasi terhadap proses bisnisnya, sehingga mampu memberikan kontribusi kepada PTPN X.

“Tiga strategi utama harus dijadikan pedoman dan inisiatif utama harus dijalankan dengan baik, sehingga target kinerja dapat tercapai dengan optimal,” pungkas Aris. (YIN)

(Visited 200 times, 1 visits today)
Baca Juga  Petani Tembakau Protes Wacana Kenaikan Rokok