7 August, 2020

Jakarta, mediaperkebunan.id – Sekolah Bumitama memiliki 38 sekolah dari jenjang PAUD/TK. SD, SMP dan SMK yang tersebar di 10 Wilayah baik di Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Riau.

Menurut Sri Wahyuni Koordinator Sekolah Yayasan Bumitama, Koordinator Sekolah Yayasan Bumitama, perkembangan Sekolah Bumitama di 5 tahun terakhir mengalami perkembangan yang pesat, dari tahun ke tahun jumlah peserta didik di Sekolah Bumitama mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini terlihat dari jumlah penerimaan siswa baru di tahun pelajaran baru selalu besar dari jumlah yang diluluskan.

Masa Pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang kegiatan akademik di Sekolah Yayasan Bumitama. Dengan memperhatikan disiplin penggunaan masker, physical distancing serta cuci tangan pakai sabun, kegiatan kelulusan dan Penerimaan Siswa Baru dilaksanakan dengan satu gerakan, yaitu Gerakan Melayani Setulus Hati.

Kegiatan Kelulusan dilaksanakan mulai bulan Mei – Juni 2020, secara bertahap. Tanggal 13 Mei 2020 adalah kelulusan untuk SMK, 6 Juni 2020 adalah Kelulusan SMP dan 15 Juni 2020 untuk jenjang SD dan TK / PAUD. “Dari 38 Sekolah yang di bina oleh Yayasan Bumitama, tersebar di 10 wilayah dan 6 Region, siswa yang lulus di tahun 2020 adalah sebanyak 1.192 (seribu seratus sembilan puluh dua) siswa yang terdiri dari 532 siswa TK, 394 siswa SD, 215 siswa SMP dan 51 siswa SMK,” papar Sri.
Dalam menyikapi masa pandemi COVID-19, Sri mengungkapkan, Sekolah Yayasan Bumitama melaksanakan kegiatan kelulusan dengan tetap menjunjung tinggi Protokol Pencegahan COVID-19 BGA Group. Bagi para lulusan yang domisilinya terjangkau sinyal, pengumuman kelulusan dilaksanakan secara online. Namun, bagi lulusan yang tidak terjangkau sinyal, maka Tim Pendidik dan kependidikan Sekolah Bumitama mengantarkan dan memberikan Surat Keterangan Lulus siswa serta berkas kelulusan ke emplasemen tempat para siswa Sekolah Bumitama bertempat tinggal. Kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi Tim pelaksana sekolah dengan operasional perusahaan PT BGA Group.

Seusai pelaksanaan kegiatan Kelulusan, dilanjutkan dengan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021. Jumlah siswa yang masuk di tahun pelajaran 2020/2021 adalah sebanyak 1. 566 (seribu Lima Ratus Enam Puluh Enam) Siswa, dengan komposisi; 654 siswa TK/PAUD, 551 siswa SD, 294 siswa SMP dan 67 siswa SMK.

Penerimaan Siswa Baru juga menerapkan pelaksanaan Protokol Pencegahan COVID-19 BGA Group, dimana Sekolah Bumitama melaksanakan penerimaan siswa dengan 3 sistem, pertama, sistem Paralel; sistem ini merupakan kerjasama antar kepala sekolah dengan mendaftarkan siswa ke jenjang selanjutnya dilaksanakan oleh kepala yang meluluskan.

“Di Wilayah 3 sampai wilayah 6 untuk siswa SMP yang lulus karena tidak ada sekolah tingkat atas internal maka kepala sekolah dibantu bidang kesiswaan mendaftarkan siswa yang diluluskan ke tingkat atas sesuai dengan pilihan siswa,” jelas Sri.

Kedua, lanjut Sri, sistem online yakni sistem ini difasilitaskan kepada siswa yang pindah atau mendaftar baru dan berasal dari sekolah eksternal, serta terjangkau signal. Pendaftaran dengan cara online melalui whatsApp, telepon dan sms.

Ketiga, sistem offline yakni sistem ini difasilitaskan kepada siswa yang pindah atau mendaftar baru dan berasal dari sekolah eksternal, tetapi tidak terjangkau signal maka pendaftaran dengan dilaksanakan dengan mengumpulkan berkas ke kantor estate PT BGA group dan kemudian dari pihak operation akan menghubungi pihak sekolah, dan petugas dari panitia pendafataran siswa baru akan mengambil ke kantor estate yang ditunjuk.

“Diharapkan, pelayanan Sekolah Yayasan Bumitama ini dapat terus ditingkatkan sejalan dengan ketaatan pelaksanaan Protokol Pencegahan COVID-19 BGA Group yang ditetapkan. Kabar gembiranya, dari hasil data survey yangterkonfirmasi, kepercayaan terhadap Sekolah Bumitama semakin meningkat, hal ini terbukti dengan perbedaan yang signifikan antara kelulusan dan penerimaan siswa baru,” harap Sri.

Selain itu, Sri pun mengakui, Yayasan Bumitama bertekad untuk menjadi intitusi terkemuka dalam pelayanan pendidikan, yang secara bertahap akan meluluskan generasi terdidik secara religius, terdepan dalam pengetahuan dan pribadi berkarakter serta berkompeten dibidang pengembangan diri siswa. (YIN)

(Visited 186 times, 1 visits today)