2nd T-POMI
2024, 17 April
Share berita:

Jakarta, mediaperkebunan.id – Kelapa sawit memiliki beragam manfaat dalam kehidupan. Tak hanya sukses jadi salah satu komoditas pilar ekonomi negara, kelapa sawit juga dimanfaatkan manusia untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain jadi minyak, kelapa sawit ternyata bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi berbagai produk. Simak tulisan ini dan kenali beberapa produk turunan kelapa sawit yang bernilai secara ekonomis.

Manfaat Minyak Kelapa Sawit

Dilansir dari Apical Group, minyak sawit mengadung keseimbangan salah satu lemak bergizi paling sehat dan tidak mengandung asam lemak trans (TFA) atau lemak terhidrogenesi. Kemudian, minyak sawit juga mengandung Vitamin A serta antioksidan tokoferol dan tokotrienol, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dapat mendukung kehidupan yang lebih sehat.

Gapki menyebutkan berikut ini adalah manfaat minyak kelapa sawit:

1. Menjaga kesehatan kulit

Minyak sawit memberikan manfaat anti penuaan yang luar biasa dengan jumlah vitamin E dan tokotrienol di dalamnya. Dia kandungan tersebut mampu mencegah terjadinya kerutan dan garis halus serta dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UV berbahaya dan racun lainnya.

2. Baik untuk kesehatan mata

Minyak kelapa sawit bagus untuk kesehatan mata. Hal tersebut karena minyak kelapa sawit memiliki kandungan vitamin A yang diperukan untuk penglihatan yang baik. Vitamin A pada minyak kelapa sawit juga dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata, seperti rabun senja.

3. Membantu menurunkan berat badan

Minyak kelapa sawit pas untuk dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan karena tidak mengandung lemak trans.

4. Bagus untuk tulang dan persendian

Minyak sawit memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sehat serta, sehingga membuatnya ideal untuk kesehatan kulit, tulang, dan persendian. Vitamin A, E, dan K pada minyak kelapa sawit juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, tulang, dan mata.

Baca Juga:  ITALY Sahabat Kelapa Sawit Indonesia

5. Nol kolesterol

Manfaat minyak kelapa sawit terpenting adalah tidak mengandung kolesterol. Ini menjadikan minyak kelapa sawit aman dikonsumsi untuk menggantikan lemak babi dan mentega dalam proses memasak. Karenanya, orang dengan kolesterol tinggi dan penyakit jantung tak perlu khawatir dan dapat dengan mudah beralih ke minyak sawit yang sehat.

Mengutip dari Mutu Certification, minyak kelapa sawit memiliki banyak manfaat lainnya, seperti untuk perlindungan fungsi otak, menjaga kesehatan ibu hamil, dan mengurangi resiko penyakit jantung.

6. Perlindungan fungsi otak

Vitamin E, terutama tokoferol dan tokotrienol dalam minyak sawit memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi sel-sel otak dari tres oksidatif dan mengurangi risiko degenerasi sel yang terjadi pada kasus Alzheimer dan Parkinson.

7. Menjaga kesehatan ibu hamil
Minyak sawit mampu menjaga kesehatan ibu hamil karena memiliki kandungan vitamin A dan E yang tinggi. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan pertumbuhan sel, sementara vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

8. Megurangi risiko penyakit jantung

Manfaat minyak kelapa sawit lainnya yaitu mampu mengurasngi risiko penyakit jantung karena terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat sehingga dapat mencegah pembentukan plak dalam arteri yang dapat menyebabkan penyumbatan.

Produk Turunan Kelapa Sawit

Berikut ini adalah produk turunan kelapa sawit yang bernilai ekonomis dan masing-masing memiliki keunggulanya sendiri:

1. Minyak Goreng
Sudah bukan rahasia lagi bahwa minyak goreng yang kita konsumsi selama ini berasal dari olahan kelapa sawit. Dibandingkan minyak yang lain, minyak sawit disebut menawarkan efisiensi biaya yang lebih baik dalam hal produksi sehingga bersifat ekonomis bagi produsen dan konsumen.

Baca Juga:  Pemerintah Komitmen Terus Dorong PSR

2. Sabun dan Produk Pembersih
Kandungan lemak yang tinggi dalam kelapa sawit memiliki sifat yang ideal untuk produksi sabun. Lemak dalam kelapa sawit dapat menghasilkan busa yang kaya dan stabil, sehingga sabun yang diproduksi sangat efektif membersihkan kulit dan menghilangkan kotoran dan noda pada pakaian.

3. Kosmetik dan Skincare
Minyak sawit kaya akan vitamin E tokoferol dan tokotrienol yang efektif membantu melindungi kulit dari oksidatif, memperbaiki sel kulit, dan menjaga elastisitas kulit, sehingga cocok untuk dijadikan bahan perawatan kulit (skincare). Kemudian, minyak sawit juga dapat dijadikan berbagai produk kosmetik seperti perona bibir.

4. Lilin
Kaya akan asam lemak, minyak sawit bisa jadi bahan yang ideal untuk memproduksi lilin. Belum lagi minyak sawit memiliki item penting dalam produksi lilim, yaitu titik lelehnya yang mencapai 35-40 derajat Celcius tetapi memiliki sifat yang kokoh dan tidak mudah meleleh pada suhu ruang. Selain fleksibel dan mudah dicampur dengan pewangi, pewarna, sampai dijadikan aromaterapi, lilin berbahan dasar minyak kelapa sawit dinilai lebih ekonomis dan terjangkau bagi konsumen.

5. Bahan Bakar Alternatif
Selain produk-produk di atas, kelapa sawit juga dapat dijadikan bahan bakar alternatif rumah tangga yang ramah lingkungan, yang disebut biodiesel. Penggunaan biodiesel yang memiliki emisi gas rumah kaca lebih rendah dibandingkan bahan bakar fosil ini dapat membantu mengurangi ketergantungan pada impor bahan bakar fosil, sehingga dapat membantu meningkatkan ketahanan energi nasional.

6. Pupuk Organik dan Kompos
Tandan kosong dan serabut kelapa sawit kaya akan bahan organik sehingga dapat dijadikan pupuk organik. Kemudian, cairan pabrik kelapa sawit mengandung nutrisi seperti nitrogen, fosfor, dan kalium sehingga dapat dijadikan pupuk kompos. Pupuk berbahan limbah sawit ini memiliki tiga keunggulan, yaitu dapat membantu pengelolaan sumber daya dan tentu mengurangi limbah, mengandung nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan tanaman, dan biaya produksinya lebih murah dibandingkan dengan pupuk kimia komersil.

Baca Juga:  Harga Sawit Sumsel Naik

7. Makanan Olahan
Minyak sawit dapat digunakan industri makanan produk olahan jenis roti dan makanan ringan. Pada makanan ringan, minyak sawit digunakan untuk menggoreng sementara pada roti atau kue digunakan sebagai bahan olesan atau bahan dasar. Penggunaan minyak sawit pada produk olahan ini mampu memperpanjang umur simpan produk makanan dan memberikan nilai ekonomis yang lebih baik karena mampu mengurangi pemborosan. Kandungan vitamin A dan E pada minyak sawit juga mampu membuat makanan olahan menjadi lebih sehat.

8. Produk Susu dan Es Krim
Kandungan molekul yang larut dalam lemak memungkinkan minyak kelapa sawit mampu menghubungkan air dan lemak dalam es krim, sehingga menciptakan tekstur yang seragam dan halus. Selain itu, minyak sawit juga sering digunakan sebagai pengganti lemak susu karena mampu meningkatkan rasa dan aroma produk susu. Sudah mampu menghasilkan produk dengan kandungan lemak yang lebih lendah, susu dan es krim hasil olahan minyak sawit tetap memiliki tekstur dan rasa yang kaya.

Itulah beberapa manfaat kelapa sawit lengkap dengan produk turunannya, semoga tulisan ini bermanfaat.