25 August, 2020

Tahun 2020-2022 target PSR di Riau adalah 78.000 ha yang tersebar di 8 kabupaten/kota. Sedang tahun 2020 targetnya 24.500 ha. Kebutuhan benih tahun ini diperkirakan mencapai 4.,9 juta.

PT Mandala Sena Nusantara yang dipimpin Drs Puncak siap memsukseskan PSR Riau dengan menyediaka jasa land clearing sesuai standar teknis yang ditetapkan pemerintah dan penyediaan bibit siap tanam.

Saat ini Puncak menjalin kerjasama dengan sepuluh KUD di Riau anggota ASPEKPIR (Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR) . Mereka melakukan Peremajaan Sawit Rakyat dengan dana hibah BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) secara mandiri seluas 8.288 ha.

KUD tersebut adalah KUD Sumber Makmur 1.500 ha, KUD Bakti 400 ha, KUD Karya Bersama 450 ha, KUD Bina Sejahtera 1.200 ha, KUD Sumber Bahagia 750 ha, KUD Mekar Abadi 574 ha, KUD Tani Maju 962 ha, KUD Tani Bahagia 1.160 ha dan KUD Usaha Tani 1.242 ha.

Selain itu Puncak juga siap menyediakan bibit siap tanam bagi petani peserta PSR. Puncak merupkan penangkar resmi berizin yang siap memasok kebutuhan bibit. Petani tidak perlu repot-repot membeli kecambah dan membibitkan, semuanya dilakukan oleh Puncak.

Puncak menangkarkan benih dari berbaga produsen kecambah sesuai permintaan petani. Pembibitan akan dilaksanakan di lokasi PSR, sehingga mobilisasi benih ketika akan tanam tidak menjadi masalah. Dengan perencanaan yang baik pembibitan dilakukan setahun sebelum tanam, jadi pas umur 12 bulan sudah siap tanam.

Jadi Koperasi yang bekerjasama dengan Mandala Sena Utama untuk peremajaan akan mendapat keuntungan land clearing yang sesuai standar teknis pemerintah dan bibit siap tanam sehingga tidak ada keterlambatan tanam.

Saat ini masalah yang dihadapi dalam PSR adalah masih sedikitnya kebun yang terbangun dibanding dana yang sudah ditransfer. Penyebabnya antara lain kontraktor land clearing tidak profesional yang tidak bisa menyelesaikan tepat waktu. Masalah lain adalah areal sudah siap tetapi bibit siap tanam belum tersedia. Ada juga yang areal belum siap tetapi bibit siap tanam sudah ada, sehingga ketika areal siap, bibit tidak bisa digunakan karena sesuai aturan sudah tidak masuk kategori bibit. Mandala Sena Utama menjamin hal ini tidak terjadi jika ditunjuk sebagai kontraktor land clearing dan pemasok benih.

(Visited 180 times, 1 visits today)