Petrokimia Gresik
7 March, 2021
Bagikan Berita

Ukraina, mediaperkebunan.id – KBRI Kyiv kembali menyelenggarakan kegiatan diplomasi ekonomi terkait dengan kopi Indonesia bertajuk “The Indonesian Coffee Tasting and Gathering.”

Kegiatan bertempat di Wisma Duta Besar RI Kyiv dan bertujuan untuk mempromosikan ragam jenis kopi dan budaya terkait kopi Indonesia kepada masyarakat Ukraina. Dalam acara tersebut turut diundang perwakilan dari media-media di Ukraina di antaranya Diplomatic Chronicles, Outlook, BusinessWoman, mediacenter BUMN Ukraina penyedia jasa fasilitas diplomatik “GDIP”, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Ukraina serta para penggiat media sosial di Ukraina.

Dalam sesi pembukaan, Duta Besar RI Kyiv menyampaikan pentingnya untuk senantiasa meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Ukraina. Menyadari peningkatan permintaan kopi sebanyak 8,4 persen pada tahun 2020 di Ukraina, acara ini dapat menjadi momentum untuk mengeksplorasi peluang bagi Indonesia untuk dapat memenuhi permintaan para pecinta kopi di Ukraina.

Diharapkan ketika masyarakat Ukraina sudah lebih jauh mengenal kopi Indonesia maka para pelaku usaha Indonesia maupun Ukraina dapat menjadi lebih antusias dalam meningkatkan kerja sama kopi dengan para calon mitra. Dubes RI Kyiv kemudian juga mempersilakan masing-masing undangan untuk menikmati berbagai varian kopi yang disajikan, serta mendorong hadirin untuk mempublikasikan acara hari ini melalui media sosial masing-masing.

Selain menikmati kopi unggul Indonesia, para undangan kemudian menonton berbagai fim mengenai sejarah tradisi dan perkembangan kopi Indonesia, di antaranya Aroma of Heaven/ Biji Kopi Indonesia, How to Make Indonesian Tubruk Coffee, Why is Sumatran Coffee So Special, How the Most Expensive Coffee is Made – Luwak, dan What Makes Indonesian Coffee Unique. Melalui pemutaran film tersebut, para hadirin diharapkan dapat mendapatkan pemahaman tentang keunikan kopi Indonesia dan membagikan kepada para audience-nya

Baca Juga  Enam Varietas Perkebunan Terbaru Disetujui Dilepas Kementan

Sambil menyaksikan berbagai film, masing-masing undangan juga mendapatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai macam varian kopi yang disajikan diantaranya Robusta Solok Coffee – Solok District West Sumatra; Arabika Gunung Kaba – Bengkulu; Arabika Java Preanger Specialty Coffee – Pangalengan, Bandung, West Java; dan Arabika Poco Kuwus – Mbohang, Flores, NTT yang dilengkapi dengan kudapan khas Indonesia.

Saat mencicipi berbagai kopi tersebut para undangan juga banyak mengambil dokumentasi dan mengunggah gambar-gambar kegiatan ke akun sosial media masing-masing. Dalam diskusi interaktif juga para undangan menyepakati bahwa kopi Indonesia memiliki kualitas yang tinggi dan bersedia untuk mempromosikan lebih lanjut ke kalangan penikmat kopi di Ukraina.

Untuk menindaklanjuti promosi kopi KBRI setempat, Dubes RI Kyiv akan bertemu dengan konsultan dan pengusaha Ukraina untuk menjajaki kemungkinan kerja sama ekspor kopi Indonesia ke Ukraina. KBRI juga mendapatkan tawaran dari salah satu hadirin untuk mempromosikan kopi kepada para pejabat dan kalangan parlemen Ukraina. Sumber: KBRI Kyiv (YIN)

(Visited 38 times, 1 visits today)