2nd T-POMI
2024, 22 Februari
Share berita:

JAKARTA, mediaperkebunan.id – Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya mengejar target swasembada gula pada 2030. Direktorat khusus tebu pun tengah direncanakan guna merealisasikan target swasembada gula.

“Kita saat ini sedang mendorong membuat direktorat baru terkait tebu. Karena yang strategis hari ini semua bangsa mengejar pangan dan energi, termasuk gula,” ujar Direktur Jenderal Perkebunan, Kementan, Andi Nur Alam Syah, beberapa waktu lalu.

Menurut Andi Nur, komoditas di Indonesia yang mewakili ketahanan pangan adalah tebu dan kelapa sawit. Keamanan pangan harus diwujudikan.

“Dari sawit bisa diambil jadi minyak goreng dan biodisel. Sedangkan tebu bisa dijadikan gula dan bioetanol. Itu harus dan kita tidak boleh surut,” tandas Andi Nur.

Ditjen Perkebunan, kata Andi Nur, saat ini bersama PTPN III sedang meyiapkan mereaktifasi beberapa pabrik gula yang sudah tidak aktif. Demikian juga di hulu dengan penataan varietas tebu.

Andi Nur mengatakan, peningkatan produktivitas tebu terus dlakukan dengan penataan varietas yang dimulai dari benih yang bekerjasama dengan PTPN III.

Menurut Andi Nur, lahan tebu yang ada sebenarnya cukup dan tidak perlu penambahan lahan. “Hari ini masalahnya jutstru yang produktivitas tebu yang rendah karena tidak ada bongkar ratoon. Ratoon kita sudah sampai ke-9,” katanya.

Dalam kaitan ini, Media Perkebunan akan menyelenggarakan Seminar Nasional Gula (Indonesia Sugar Conference) bertema “Kiat Mencapai Swasembada Gula 2030”. Seminar sehari ini diselenggarakan di Surabaya pada Selasa tanggal 27 Februari 2024 mendatang.

Sejumlah pembicara kunci akan memaparkan berbagai upaya yang harus dilakukan dalam mencapai swasembada gula. Dari unsur pemerintah akan hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dan Direktur Jenderal Perkebunan, Kementan serta Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Lingkungah Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga:  APTRI Keberatan Adanya PPN Gula Petani

Dari unsur pelaku usaha antara lain Direktur Utama Id Food Frans Marganda Tambunan, Direktur Utama Sugar Co yang juga Ketua Umum Ikatan Gula Indonesia (IKAGI) Aris Toharisma, P3GI, AGI, AGRI, Presiden Direktur PT AMS Andrew P. Sasmita, dan Country Manager-Allied Mineral Produkct LLC Zaenal Juju Wirya, serta Ketua Pembina Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Arum Sabil mewakili petani tebu. (YR)