https://api.whatsapp.com/send?phone=6281361509763
Petrokimia Gresik
8 June, 2021
Bagikan Berita

JAKARTA, Mediaperkebunan.id – Pemerintah terus memantau dan mencegah kebakaran lahan perkebunan di sejumlah daerah. Hal ini mengingat di beberapa wilayah sudah memasuki musim kemarau. Dana pencegahan kebakaran pun sudah dialokasikan sebesar Rp 1,3 miliar.

“Di beberapa wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Untuk ini kami terus memantau dan mencegah tidak terjadi kebakaran di lahan perkebunan,” ujar Direktur Perlindungan Perkebunan, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Ardi Praptono di Jakarta.

Ardi menuturkan, kegiatan pencegahan kebakaran lahan perkebunan pada 2021 Kementan sudah menyiapkan tiga kegiatan yakni operasional Brigade Karlabun, Operasional Kelompok Tani Peduli Api, dan Demplot Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB). Total dana yang dianggarkan Rp 1.321.092.000.

Lebih lanjut Ardi mengungkapkan, untuk Operasional Brigade Karlabun berada di enam provinsi, masing-masing Riau, Jambi, Sumsel, Kalteng, Kaltim, Kalsel dengan anggaran Rp 1.171.092.000,.

Sedangkan kegiatan operasional kelompok tani peduli api disediakan dana Rp 150 jt yang dibagi enam provinsi. Sementara kegiatan demplot Pembukaan lahan tanpa bakar dialokasikan Rp 910,7 juta untuk dua provinsi yakni Jambi dan Kalimantan Selatan.

Ardi berharap, kebakaran tidak terjadi lagi di lahan perkebunan. “Kami terus memantau bersama pemerintah daerah agar kebakaran tidak terjadi pada tahun ini,” harapnya kepada Mediaperkebunan.id. (YR)

(Visited 18 times, 1 visits today)
Baca Juga  Integrasi Sawit-Sorgum, Mendongkrak Pendapatan Petani PSR