2022, 27 Juli
Share berita:

SERGAI, Mediaperkebunan.id – Varietas Kelapa Genjah Pandan Wangi mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Selain cita rasanya yang khas beraroma pandan, produksi buah per pohonnya bisa sampai 200 butir per pohon. Kelapa Pandan Wangi sangat menguntungkan petani.

“Produksi kelapa Pandan Wangi ini untuk satu pohon bisa menghasilkan sampai 200 butir kelapa. Dari petani satu butir kelapa pandan wangi harganya Rp 25 ribu. Sedangkan di super market bisa sampai Rp 35 ribu/butir. Ini sangat luar biasa sekali,”ujar Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan Agus Hartono kepada Mediaperkebunan.id.

Menurut Agus, jika petani digalakan dengan program pemerintah untuk menyediakan kelapa Genjah sudah bisa membantu petani terutama yang saat ini ada masalah dengan komoditas kelapa sawit yang rendah.

Lebih lanjut Agus mengatakan, menanam kelapa Genjah Pandan Wangi itu dapat menopang tingkat kesejahteraan petani itu sendiri. Karena nilai ekonominya yang tinggi dan cita rasanya berbeda dengan kelapa lain.

Keunggulan lain kelapa Pandan Wangi dapat dipanen cepat ketika pohon berusia 2 – 3 tahun dengan tinggi kelapa yang tidak perlu dipanjat. “Jadi tingginya tidak sampai dua meter sudah berbuah dan buahnya cenderung hampir menyentuh tanah, seperti kelapa Bido,” jelas Agus.

Menurut Agus, kelapa Genjah Pandan Wangi itu belum tertanam di wilayah Indonesia. Paling hanya beberapa daerah saja. Komoditas kelapa genjah ini baru satu-satunya varietas yang dilepas itu di Pantai Cermin yaitu kelapa genjah pandan wangi. (YR)