23 October, 2020

Aceh Utara, Mediaperkebunan.id

Harga nilam di Kabupaten Aceh Utara saat ini mencapai Rp600.000/kg. Petani sangat antusias untuk menanam nilam sehingga kebutuhan benih meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan benih nilam, tim Penilaian dan Penetapan Kebun Sumber Benih Tanaman Nilam Varietas Lhokseumawe telah melakukan Penetapan Kebun Sumber Benih Tanaman Nilam Unggul Varietas Lhokseumawe yang berlokasi di Desa Pase Sentosa, Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Tim Penilaian dan Penetapan terdiri dari Direktorat Jenderal Perkebunan, Pemulia Nilam dari Balittro-Bogor, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSB-TPHP) Provinsi Aceh, dan Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Aceh Utara.

Lokasi kebun benih sumber nilam di Desa Pase Sentosa, Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh seluas 1 ha dengan populasi sebanyak 8.000 rumpun, dengan faktor koreksi 20%, sehingga jumlah rumpun ada 6.400 rumpun, menghasilkan rata-rata per rumpun sebanyak 100 setek pucuk. Jadi taksasi produksi adalah 6.400 x 100 setek pucuk = 640.000 setek pucuk.

Rekomendasi dari tim penetapan kebun sumber benih nilam di Kabupaten Aceh Utara bahwa pemangkasan (pengambilan setek pucuk) pertama dilakukan pada 6 bulan dan untuk pemangkasan selanjutnya umur 4-5 bulan sekali dan setelah pemangkasan harus diikuti pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang/kompos sebanyak 1-2 kg/rumpun, untuk menjaga pertumbuhan dan kualitas setek selanjutnya.

Berdasarkan hasil penilaian terhadap dokumen administrasi dan kondisi kebun sumber benih nilam atas kebun ini layak ditetapkan sebagai Kebun Benih Sumber Nilam Varietas Lhokseumawe di Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh, dengan Keputusan atas nama Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 59/KB.020/9/2020, tanggal 8 September 2020 tentang Penetapan Kebun Benih Sumber Nilam Varietas Lhlokseumawe di Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh. (Iswandi)

(Visited 55 times, 1 visits today)