https://api.whatsapp.com/send?phone=6281361509763
Petrokimia Gresik
28 January, 2021
Bagikan Berita

Berlin, mediaperkebunan.id – Menurut KBRI Berlin, untuk pertama kalinya, KBRI Berlin menggagas strategi uji cocok rasa kopi Jerman dan kopi Indonesia melalui kegiatan Coffee Tasting Kopi Populer di Pasar Jerman. Acara yang dihadiri sekitar seratus peserta tersebut, dilangsungkan secara hybrid di Aula KBRI Berlin, Jerman dan Kantin Diplomasi Kementerian Luar Negeri Jakarta serta Kementerian Perdagangan di Jakarta.

Jerman merupakan pasar terbesar produk kopi di Uni Eropa dengan nilai sekitar USD 7,7 milyar. Di sisi lain, Indonesia merupakan produsen kopi terbesar keempat di dunia. Namun sayangnya, ekspor kopi Indonesia ke Jerman belum maksimal. Saat ini Indonesia masih berada di urutan kesembilan pengekspor kopi ke Jerman. Eksportir terbesar adalah Brazil dan disusul Vietnam di tempat kedua.

“Kita ingin mengisi gap yang terlalu besar antara potensi produksi kopi Indonesia dan potensi pasar kopi di Jerman ini. Masyarakat Jerman adalah pencinta kopi yang 75% di antaranya menikmati kopi di rumah. Jadi peluang pasar itu akan selalu ada dan terus meningkat,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno.

Lebih lanjut, Arif juga menyebutkan bahwa faktor harga juga menjadi penentu untuk pasar kopi di Jerman. Di sini rata-rata kopi biasa (mainstream coffee) dijual dengan kisaran harga satu Euro per kilogram. Sementara untuk specialty coffee dijual dengan harga sekitar tiga Euro per kilogram.

Strategi uji cocok rasa kopi ini diawali dengan mengirimkan 24 sampel kopi yang paling laku di pasaran Jerman ke Indonesia. Sampel tersebut kemudian diteliti kandungan, aroma dan cita rasanya. Dalam hal ini, Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan 5758 Coffee Lab (PT Belajar Kopi Bersama).

Baca Juga  DPR : SEGERA SELESAIKAN PETANI SAWIT DI KAWASAN HUTAN

Dari sini Coffee Lab akan membuat Katalog Rasa masing-masing sampel kopi. Kemudian akan dicarikan kopi di Indonesia yang memiliki karakter yang serupa dengan katalog rasa dari sampel kopi yang sudah diteliti.

Kopi menjadi salah satu prioritas promosi Perwakilan RI di Jerman. Untuk itu sejumlah strategi pemasaran kopi Indonesia di Jerman pun sudah disiapkan diantaranya memfasilitasi Business Meeting antara Asosiasi Kopi Jerman dan Roastery terkemuka di Jerman dengan Eksportir dan Petani asal Indonesia, smelakukan promosi di jaringan swalayan hingga bekerja sama dengan radio terkemuka di Jerman untuk wawancara tentang kopi Indonesia. (YIN)

(Visited 48 times, 1 visits today)