5 October, 2020

Jakarta, mediaperkebunan.id – Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, sekaligus Ketua Dewan Organisasi Kopi Internasional periode 2019/2020, Iman Pambagyo, menyampaikan pentingnya membangun optimisme di tengah tantangan besar yang dihadapi sektor kopi nasional akibat pandemi Covid-19.

Sehingga, untuk mendorong sektor kopi nasional, selain dengan meningkatkan ekspor, bisa dilakukan dengan meningkatkan konsumsi kopi di dalam negeri.

“Indonesia sebagai salah satu produsen kopi terbesar, sekaligus konsumen kopi terbesar di dunia, perlu terus mengembangkan pasar dan menggali peluang-peluang yang potensial. Kombinasi antara penjajakan pasar domestik dan pasar luar negeri dapat menjadi strategi untuk beradaptasi di kala pandemi,” jelas Iman.

Lebih lanjut, menurut Iman, dinamisnya pertumbuhan konsumsi kopi di dalam negeri menjadi potensi yang layak dieksplorasi oleh pelaku usaha kopi di Indonesia.

“Menilik pasar dalam negeri untuk saat ini menjadi sama pentingnya dengan membuka akses pasar kopi di luar negeri. Hal ini mempertimbangkan dampak pandemi Covid-19 pada perdagangan global serta adanya hambatan perdagangan dari negara-negara importir kopi,” imbuh Iman.

Iman menyampaikan, perayaan Hari Kopi Internasional di Indonesia ini tidak hanya untuk mempopulerkan kopi di Indonesia, tetapi juga meningkatkan produktivitas, kualitas, dan konsumsi kopi Indonesia dengan cara memperkenalkan berbagai jenis kopi Indonesia kepada konsumen di dalam dan luar negeri.

Atas dasar itulah Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus memberikan dukungan kepada industri kopi mulai dari petani kopi (on farm), pengolah kopi (off farm), hingga konsumen akhir, terutama di masa sulit pandemi Covid-19.

Hal lain yang penting untuk dilakukan, adalah kemitraan dan kolaborasi antara pemerintah, pemangku kepentingan kopi, dan akademisi. Kolaborasi dan kemitraan tersebut menjadi suatu keharusan untuk mewujudkan Indonesia sebagai “surga kopi”. (YIN)

(Visited 34 times, 1 visits today)