2nd T-POMI
2024, 21 Februari
Share berita:

Jakarta, mediaperkebunan – Apical Group mendukung program hilirisasi dengan melakukan ekspansi secara signifikan. Apical group sendiri merupakan perusahaan terdepan dalam pemorosesan minyak nabati, khususnya minyak sawit.

Sebagai pengolah minyak sawit midstream, Apical Group telah berkomitmen penuh untuk mendukung program hilirisasi dengan memperluas jangkauan produknya. Pada tahun 2021, Apical Group telah memulai investasi di Dumai senilai 1 juta USD yang bertujuan untuk meningkatkan produksi produk bernilai tambah.

“Investasi ini merupakan langkah strategis Apical dalam mendukung visi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan nilai tambah industri minyak sawit. Kami percaya bahwa melalui hilirisasi, kami dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional, menciptakan lapangan kerja, dan mendukung pertumbuhan UMKM,” ujar Manumpak Manurung, Head of Government and Industry Relations Apical Group.

Salah satu program Apical Group dalam upayanya untuk memberikan dampak positif yang luas khususnya terhadap UMKM di Indonesia adalah Tasty Creations – Kreasi Rasa. Program Kreasi Rasa yang telah dijalankan di sepanjang tahun 2023 telah menginspirasi dan mendukung berbagai UMKM di Indonesia dalam menciptakan produk makanan yang inovatif dan berkualitas, khususnya Pulau Jawa.

Market Development Manager, George Tjiptamustika mengungkapkan bahwa di sepanjang tahun 2023 Apical Group telah kolaborasi bersama berbagai pemangku kepentingan, mulai dari Pemerintah setempat, perusahaan yang bergerak di industri pangan, sampai UMKM. Selain membangun citra brand, Apical Group melakukan kolaborasi dengan UMKM dengan harapan dapat membantu UMKM sebagai penggerak industri makanan, terutama Vitas, Medalia, dan Frybest serta membantu para masyarakat luas untuk mengekspor berbagai makanan kreasi dari produk-produk Apical.

Target Apical Group di 2024 Upaya Dukung Hilirisasi

Market Development Manager, George Tjiptamustika mengungkap bahwa Apical Group telah mengatur targetnya di tahun 2024. Tak hanya pulai Jawa, Apical juga telah membuka wilayah distribusi baru di luar pulau Jawa.

Baca Juga:  Apical Terus Kembangkan Bisnis Hilirisasi

Berbagai kegiatan kolaborasi bersama UMKM, Pemerintah daerah, serta industri pangan lainnya juga akan dilakukan Apical. ‚ÄúTarget kami di tahun 2024 salah satunya yakni meningkatkan jumlah mitra distributor di pulau Jawa sebagai area fokus kami dan juga membuka wilayah distribusi baru di luar pulau Jawa,” kata George.

Kami juga akan menggelar berbagai kegiatan baking demo secara berkelanjutan dengan berkolaborasi dengan UMKM, Pemerintah daerah, serta industri pangan lainnya, tak hanya di pulau Jawa tapi juga Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Selain kegiatan kolaborasi kami juga menargetkan untuk menggelar kegiatan demo mandiri yang berfokus pada pulau Jawa terlebih dulu di tahun ini. Yang terakhir, kami berusaha menetapkan strategi penetapan harga yang efisien agar lebih kompetitif,” lanjut George.

Tak hanya dengan berkomitmen dalam inovasi dan keberlanjutan, kegiatan hilirisasi Apical dilakukan dengan memperkuat kerjasama antara sektor swasta dan pemerintah. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mendukung program industrialisasi pemerintah Indonesia, terutama untuk memajukan industri minyak sawit Indonesia.