7 June, 2016

PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSN Group) membangun Gerakan Masyarakat Peduli Api (MPA) guna mencegah terjadinya kebakaran hutan. Gerakan itu bekerja sama dengan 6 desa di sekitar areal perkebunan di wilayah Kecamatan Muara Wahau dan Kecamatan Kongbeng, Kalimantan Timur.

DSN Group menggandeng Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Samarinda dengan mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknik Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan Bagi Masyarakat. Pelatihan ini digelar pada 27-29 Mei 2016 di Plantation Training Center DSN Group Muara Wahau.

Dengan diikuti 30 orang masyarakat anggota Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) Desa yang merupakan perwakilan dari Desa Muara Wahau, Desa Nehas Liah Bing, Desa Deabeq, Desa Diak Lay, Desa Beanehas dan Desa Miau Baru.

Pelatihan tersebut juga melibatkan PT ECOSITROP (Ecology and Conservation for Tropical Studies) sebagai tenaga pendamping. Selama pelatihan peserta mendapatkan 6 materi pokok, baik secara teoritis (indoor) maupun praktek (outdoor). Untuk materi indoor yaitu Aplikasi ESQ dalam DALKARHUTLA, Peraturan Perundangan tentang Kebakaran Hutan dan Lahan.

Sedangkan untuk materi outdoor antara lain materi Teknik Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (praktek), Teknik Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Praktek), Teknik Penanganan Dampak Pasca Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan (Praktek). Kemudian materi terakhir diisi dengan materi Laporan Pencegahan dan Penanggulangan Dalkarhutla. (YR)

(Visited 176 times, 1 visits today)