https://api.whatsapp.com/send?phone=6281361509763
Petrokimia Gresik
13 October, 2021
Bagikan Berita

Pasaman Barat, Mediaperkebunan.id

Badan Penggelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi dengan Universitas Andalas mengadakan Kegiatan Kemitraan UKMK Sawit Inkubasi Bisnis Berbahan Dasar Sawit untuk Peningkatan Pendapatan UKMK Sawit Pasaman Barat, Sumatera Barat. Webinar dan Kick Off kegiatan dilakukan secara daring pada tanggal 13 Oktober 2021.

Pembukaan Kegiatan dan Kick Off dilakukan oleh Airlangga Hartarto Menteri Koordinator bidang Perekonomian. Menko Perekonomian menyampaikan pengembangan pola kemitraan perlu di dorong untuk mengembangkan value chain di kebun sampai dengan produk hilir. Pola kemitraan bisa dilakukan dengan melakukan inkubasi berbahan dasar kelapa sawit. BPDPKS diharapkan mendorong dan menfasilitasi kemitraan model Inkubasi Bisnis UKMK sawit.

Edi Wibowo Plt Direktur Kemitraan BPDPKS menyampaikan kegiatan ini didesain untuk mewujudkan proses link and match, koordinasi dan kemitraan dengan para pemangku kepentingan terkait lainnya. Secara khusus diharapakan dapat terwujud One Village One Product (OVOP) khususnya di Pasaman Barat yang berbasis kelapa sawit dan terbangunnya konsep model pengembangan ekosistem bisnis kewirausahaan yang terhubung dengan pilar-pilar kewirausahaan lainnya yang nantinya dapat dijadikan benchmark dalam Pengembangan Kewirausahaan Nasional.

BPDKS mengharapkan kemitraan antara UKMK bidang kelapa sawit dengan para pihak, baik di sektor hulu maupun di hilir akan semakin meningkat. Pengembangan produk turunan kelapa sawit sesuai potensi dan peluang yang ada di daerah sekitarnya akan semakin meningkat.

Program pemberdayaan pekebun dan UKMK sawit melalui kemitraan dan promosi, BPDPKS berkolaborasi dengan stakeholders kelapa sawit antara lain : Penyusunan Master Plan, Road Map, Value Chain Pengelolaan Hasil Kebun sawit Swadaya di Pelalawan bekerja sama dengan Masyarakat Biohidrokarbon Indonesia dan Pemda Pelalawan; Workshop Malam Batik Berbasis Sawit kepada UKM Batik di Semarang, Cirebon dan Solo, bekerja sama dengan BPPT; Workshop Penguatan UKMK Pondok Pesantren untuk mendukung Program Peremajaan Sawit Rakya;; Peningkatan Citra Nilai Produk Turunan Kelapa Sawit Melalui Tindak Lanjut Pengembangan Potensi Santripreneur Berbasis UKMK Sawit Sebagai Program Pemberdayaan Ekonomi Daerah bekerja sama dengan PEBS Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia;Sociopreneurship berbasis UKMK Sawit di Luwu Utara dan Papua Barat bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada; Workshop Penguatan UKMK untuk Produksi Rendang Seasoning Mix Krimer berbasis Sawit bekerjasama dengan IPB; dan Inkubasi Bisnis Berbahan dasar Sawit untuk Peningkatan pendapatan UKMK Sawit di Pasaman Barat bekerjasama dengan Universitas Andalas.

Baca Juga  MELEPAS KETERGANTUNGAN GULA IMPOR

Dalam kegiatan Webinar dan Kick Off Kemitraan UKMK Sawit Inkubasi Bisnis Berbahan Dasar Sawit juga dihadiri oleh Rektor Universitas Andalas Prof Dr Yuliandri, Kepala Divisi UKMK Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Helmi Muhansyah, Ketua Umum ASPEKPIR Setiono, Dinas UKM dan Koperasi Provinsi Sumatera Barat, Bapeda Pasaman Barat, Dinas UKM dan Koperasi Kabupaten Pasaman Barat, Indonesian Planter Society dan UKMK calon peserta inkubasi bisnis UKMK sawit.

(Visited 29 times, 1 visits today)