https://api.whatsapp.com/send?phone=6281361509763
Petrokimia Gresik
29 October, 2021
Bagikan Berita

Sorong, Mediaperkebunan.id

Badan Penggelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi dengan Universitas Gajah Mada (UGM) mengadakan Kegiatan Kemitraan UKMK Sawit Membangun Sosiopreneurship Usaha Kecil Menengah dan Koperasi Berbasis Sawit di Sorong , Papua Barat . Kegiatan dilakukani secara hybrid kombinasi on line melau zoom dan off line, di Desa Klamono, Kabupaten Sorong, Papua Barat . Lokasi sekitar 50 KM selatan Kota Sorong dan ditempuh jalan darat sekitar 2 jam. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2021..

Dalam sambutannya, Edi Wibowo, Plt Direktur Kemitraan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit menyampaikan berbagai kegiatan yang telah dilakukan BPDPKS dalam upaya melaksanakan Kegiatan Kemitraan UKMK Sawit .

Tanggal 13 Oktober 2021, BPDPKS berkolaborasi dengan Univeritas Andalas dengan kegiatan Inkubasi Bisnis berbahan dasar Sawit untuk Peningkatan Pendapatan UKMK Sawit di Pasaman Barat, Sumatera Barat. Kick off Kegiatan tersebut dilakukan oleh Bapak Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Perekonomian.

Tanggal 16 Oktober, BPDPKS berkolaborasi dengan IPB University dengan kegiatan Penguatan UKMK Bidang Pangan Dalam Rangka Mengembangkan dan Mengkomersialisasikan Produk Hilir Sawit. Tanggal 18 dengan UGM di Luwu Utara , Sulsel

“Sekarang BPDPKS kembali berkolaborasi dengan Univeritas Gajah Mada untuk mewujudkan kemitraan UKMK Sawit melalui kegiatan Kemitraan Membangun Sosiopreneurship Usaha Kecil Menengah dan Koperasi Berbasis Sawit di Sorong Papua Barat,” kata Edi.

Melalui kegiatan Sosiopreneurship Usaha Kecil Menengah dan Koperasi Berbasis Sawit di Sorong diharapkan dapat melahirkan Sociopreneur UKMK Sawit dari Papua.

“Harapan kami kemitraan antara UKMK bidang kelapa sawit dengan para pihak, baik di sektor hulu maupun di hilir kelapa sawit akan semakin meningkat. Pengembangan produk turunan kelapa sawit sesuai potensi dan peluang yang ada di Sorong juga akan semakin meningkat. Mari Bersama-sama kita bangun UKMK sawit Papua untuk melahirkan sociopreneur UKMK Sawit yang tangguh dari Papua Barat “ tutup Edi.

Baca Juga  AKPY WISUDA 298 AHLI PRATAMA SAWIT, 150 SUDAH DITERIMA BEKERJA

Ketua Tim UGM, Direktur Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat sekaligus Guru Besar Fakultas Pertanian UGM, Prof. Ir. Irfan Dwidya Prijambada, M.Eng., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa diperlukan sinergi antara pelaku sawit, khususnya petani, perusahaan perkebunan sawit, dan unsur perguruan Tinggi dalam sinergi membangun ekonomi melalui UMKM sawit.

Pemaparan materi disampaikan oleh Helmi Muhansyah, Kepala Divisi UKMK Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit dengan tema Peranan BPDPKS dalam pengembangan UKMK Sawit, Dari Tim Universitas Gajah Mada Dr Nanung Agus Fitriyanto dengan materi membuka peluang usaha dalam wadah UKMK dan Sociopreneurship, Dr Ahmad Suparmin, Praktek Pembudidayaan Jamur pada limbah kelapa sawit yang memperkenalkan jamur koprinus atau jamur paha ayam dan Nur Akbar Arofatulloh Phd tentang Pemanfaatan limbah sawit.

(Visited 16 times, 1 visits today)