https://api.whatsapp.com/send?phone=6281361509763
27 November, 2021
Bagikan Berita

Jakarta, Mediaperkebunan.id
Salah satu rangkaian kegiatan Indonesia Spices Business Forum and Expo (ISBFE) 2021 adalah ajang Pemilihan Duta Penerus Rempah Indonesia 2021. Kegiatan perdana ini menjadi sarana memperkenalkan kepada masyarakat, terutama generasi muda, untuk tahu dan mengenal lebih dekat tentang kekayaan alam rempah-rempah Indonesia seperti lada, buah pala, cengkeh, kayu manis, jahe, dan sebagainya.

“Dengan terpilihnya Duta Penerus Rempah Indonesia maka duta tugasnya memperkenalkan keberagaman rempah-rempah Nusantara kepada masyarakat, khususnya generasi milenial dan generasi Z, baik secara offline maupun online seperti media sosial,” tutur Titi Yusuf, Ketua Pemilihan Duta Penerus Rempah Indonesia 2021 di Museum Bahari ,Jakarta Kota, Jumat ( 26/11).

Acara turut dihadiri Lukman Basri(Dewan Rempah Indonesia), Berkah Shadaya(Kepala Unit Pengelola Museum Kebahariaan), serta Hadi Dafenta mewakili Dirjen Perkebunan Kementan.

Menurut Titi yang juga Ketua Social Club Permata masyarakat Indonesia, terutama generasi muda, harus bangga dengan warisan budaya rempah-rempah Nusantara yang dulu menguasai dunia.

Kegiatan perdana ini menjadi sarana memperkenalkan kepada masyarakat, terutama generasi muda, untuk tahu dan mengenal lebih dekat tentang kekayaan alam rempah-rempah Indonesia seperti lada, buah pala, cengkeh, kayu manis, jahe, dan sebagainya.

“Dengan terpilihnya Duta Penerus Rempah Indonesia maka duta tersebut memiliki tugas memperkenalkan keberagaman rempah-rempah Nusantara kepada masyarakat, khususnya generasi milenial dan generasi Z, baik secara offline maupun online seperti media sosial,” tutur Titi Yusuf.

“Masyarakat Indonesia terutama generasi muda harus tahu sekitar 500 tahun lalu Indonesia merupakan salah satu penghasil rempah terbaik di dunia. Kini saatnya kita rebut kembali kejayaan itu melalui perdagangan via pagelaran Indonesia Spice Forum and Business Expo pada 10-12 Desember 2021 di danau Toba, Parapat Sumatera Utara,” katanya.
Kini keinginan mengembalikan kejayaan rempah-rempah Nusantara telah digaungkan kembali oleh Pemerintah Indonesia. Ajang Pemilihan Duta Penerus Rempah 2021 adalah salah satu sarana yang tepat untuk mendukung dan mengampanyekan program pemerintah tersebut.

Baca Juga  Ini Pertimbangan Diterbitkan Perpres No 44/2020

“Kita bekerja sama dengan beberapa kementerian untuk menggelar acara ini . Nanti tugas Duta Penerus Rempah terpilih juga akan mensosialisasikan agenda-agenda kementerian terkait dengan bisnis, pertanian, atau kegiatan apapun yang bersinergi dengan pemerintah yang berkaitan dengan rempah-rempah,” papar Titi.

Nantinya dari sekitar 32 peserta yang mengikuti Ajang Duta Rempah akan melaju ke acara puncak yakni juara 1 (Pasangan Duta Rempah), juara 2 (Pasangan pemenang essay), Juara 3(pasangan pilihan favorit) serta 1 orang kategori pemenang intelegensia.

Ika Harini, Direktur PT Pandawa Media Inovasi yang juga EO pelaksana ISBFE 2021 menambahkan, tujuan Ajang Duta Rempah terutama adalah menunjukkan rempah adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan dan mampu kembali berjaya hingga mancanegara.

Salah satu peserta ajang duta rempah 2021, Moja Rasya dari DKI mengatakan tertarik mengikuti ajang ini berawal dari Media sosial. Dirinya tidak menyangka lolos untuk mengikuti seleksi dari tanggal 26 hingga 28 November 2021.
Rasya yang saat ini merupakan mahasiswa semester e V Komunikasi UI ingin memperkenalkan rempah nusantara ke seluruh tanah air jika kelak lolos sebagai salah 1 peserta terbaik yang puncaknya akan diadakan di Sumatera utara.
Peserta lainnya adalah Joxsi Almen asal NTT, M Fattas Zhaffan asal Kalbar, Cindy Tamara dari Riau mengatakan mengatakan secara serentak supaya rempah nusantara bisa sampai ke tahap internasional.

(Visited 207 times, 1 visits today)