9 February, 2020

Pekanbaru, mediaperkebunan.id – Harus diakui bahwa petani kelapa sawit masih sangat membutuhkan pembinaan. Atas dasar itulah Sawitku Masa Depanku (Samade) sebagai salah satu asosoasi petani sawit melakukan pembinaan kepada kelompok-kelompok tani, diantaranya memanfaatkan potensi-potensi perkebunan seperti pemanfaatan tandan kosong (tankos) sawit yang merupakan limbah dari pabrik Kelapa Sawit (PKS).

Konsep yang dikembangkan oleh Samade dalam pemanfaatan limbah PKS yang berupa tankos adalah penguatan kelembagaan petani melalui UMKM sawit pembuatan arang briket, untuk itulah Samade melakukan workshop pembuatan arang briket dari tankos yang dilaksanakan tanggal 8 Pebruari 2020 di Aula Gedung PertemuanPT PN V, Pekanbaru.

Pelaksanaan Workshop pembuatan Arang briket dari tankos ini terlaksana adanya kemitraan antara Samade dngan BPDP-KS, Samade dengan PPKS dan Samade dengan PTPN V, Peran-peran mitra Samade itu tersendiri, seperti BPDP-KS adalah penyandang dana yang kami harapkan dari sejak workshop, pengadaan unit peralatan hingga pelatihan packaging dan pemasarannya arang briket.

Peran PPKS dan dan PTPN V, samade mengharapkan PPKS selain pembuatan unit peralatan juga memberikan pelatihan dan control untuk menjaga kualitas atau mutu dari arang briket, dan yang paling utama adalah peran dari PTPN V, Samade mengharapkan keberlangsungan pasokan bahan baku tankos untuk keberlangsungan UMKM sawit ini.

Pada acara workshop ini diikuti peserta dari petani sebanyak 56 orang dari beberapa Kelompok Tani dan KUD yang bernaung di Samade dan plasma binaan PT PN V.

Selain peserta acara workshop ini juga di hadiri oleh Plt. Asdep Deputi Bidang Koordinas iPangan dan Pertanian Kemenko Perkonomian, M. Syaifullah, Direktur Utama PT PN V juga mewakili GAPKI Riau Jatmiko K Santosa, Dirut PPKS M. Edwin Syahputra Lubis, Dinas Perebunan Prov. Riau Bp. Supriyadi dan Vera dan daripihak BRI Agro.

Dari workshop ini para peserta yang nota bennya petani swadaya binaan Samade dan plasma binaan PTPN V, menunggu tindak lajut tahap berikutnya yaitu pengadaan unit mesin pembuatan arang beriket tersebut, dalam hal ini Samade sebagai penyelenggara Workshop akan menindaklanjuti ke berbagai pihak untuk menindak lanjuti workshop penguatan UMKM sawit ini. YIN