15 April, 2020

JAKARTA, Mediaperkebunan.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran Rp100 miliar untuk membeli karet dan rosin rakyat di daerah. Karet itu nantinya digunakan untuk campuran aspal.

“Kita ingin beli karet yang harganya sedang turun untuk campuran aspal dan rosin sebagai campuran cat marka jalan,” ujar Basuki dalam video confrence di Gedung BNPB Jakarta, Senin (13/4).

Basuki menuturkan, pembelian karet langsung ke koperasi di kawasan penghasil karet seperti Pontianak, Sumsel, Lampung, Jambi,dan Riau. Kementerian PUPR juga tengah menyiapkan program padat karya tunai yang meliputi perbaikan jalan produksi di persawahan hingga sanitasi air bersih dan sanitasi air minum.

Menurut Basuki, program tersebut dilakukan untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarkaat di pedesaan agar daya beli mereka tetap terjaga di tengah pandemi Covid-19. Program padat karya Kementerian PUPR, lanjut Basuki, dilakukan bekerja sama dengan Kementerian lainnya dan PMI sesuai protokol kesehatan. (YR)

(Visited 35 times, 1 visits today)