2 June, 2016

PTPN XI Aktif Stabilkan Harga

Komitmen operasi pasar untuk stabilisasi harga gula terus dilakukan PT Perkebunan Nusantara atau PTPN XI selaku BUMN produsen gula terbesar di Indonesia. “Sepekan terakhir kita alokasikan 20 ton gula, tapi kalau operasi pasar dilanjutkan hingga lebaran maka sudah siap 800 ton gula untuk stabilkan harga gula,” papar direktur utama PTPN XI, Dolly P Pulungan, Kamis (2/6).

Menurut Pulungan, pelaksanaan operasi pasar gula murah PTPN XI tersebut menyasar tempat-tempat ramai dan di banyak tempat di Jawa Timur. Mulai Kamis ini, operasi pasar PTPN XI masih ada di sekitar Surabaya. “Tapi ke depan akan merambah daerah-daerah lain, sesuai kebutuhan yang ada,” ujarnya.

Operasi pasar PTPN XI di Surabaya, digelar di Pasar Manukan dengan harga gula Rp 12.000,- per kilogram. Adapun sejumlah lokasi lainnya yang telah disasar operasi pasar gula murah PTPN XI di Surabaya, antara lain di Pasar Pabean, Pasar Kapas Krampung dan Pasar Turi.

Pulungan mengatakan, pihaknya siap memasok gula untuk stabilasasi harga. Karena PTPN XI sudah mulai giling sehingga stok gula mulai tersedia di minggu pertama Juni ini. PTPN XI akan berkordinasi dengan instansi terkait guna suksesnya pelaksanaan operasi pasar guna stabilisasi harga kebutuhan pokok jelang lebaran.

Menurut Pulungan, operasi pasar PTPN XI sendiri akan mengoptimalkan pula stok dan distribusi di 16 pabrik gula PTPN XI di Jawa Timur. “Jadi sebagian pabrik gula kami ada juga yang mulai giling bulan lalu, sehingga pasokan gula akan bertambah dan diharapkan bisa digelontor ke pasar supaya harga gula bisa kembali normal sebelum puasa dan lebaran,” jelasnya optimistis.

PT Perkebunan Nusantara (PTPN XI) sendiri di tahun 2016 berupaya meningkatkan produksi gula menjadi 450.000 ton dengan target rendemen mencapai 8,04% sejalan dengan target pemerintah. Target produksi tersebut naik dari tahun 2015. “Kami memproduksi gula 405.000 ton dan mampu lebih besar menjangkau kebutuhan pasar dalam negeri,” papar Dolly Pulungan. (YR)

(Visited 186 times, 1 visits today)