Petrokimia Gresik
26 September, 2016
Bagikan Berita

PPKS selama mengandalkan sumber pendapatan dari penjualan benih. Tahun 2016 ini meskipun masih dapat bersaing dengan sumber benih lain tetapi kondisi penjualan benih sedang lesu sehingga mempengaruhi kondisi keuangan PPKS.

“Kedepan PPKS tidak akan lagi menjadikan benih sebagai sumber pendapatan. Jasa dan industri hilir akan jadi sumber pendapatan ke depan,” kata Direktur PPKS Hasril H.S Siregar pada puncak acara 100 Tahun PPKS.

Peneliti dituntut lebih kreatif dengan menghasilkan produk dan jasa yang lebih spesifik. Benih misalnya harus dihasilkan tahan ganoderma yang akan segera akan dilaunching.Pupuk harus dihasilkan yang lebih efisien. Teknik budidaya tumpang sari kelapa sawit yang lebih spesifik dan ada contoh.

“Industri hilir akan menjadi andalan ke depan. PPKS akan bekerjasama dengan PTPN 3 membangun industri hilir di Sei Mangke,” tegas Hasril.

Lebih lanjut, menurut Hasril, saat ini jasa pelatihan PPKS sudah cukup baik terbukti di BPDPS selalu digunakan untuk pelatihan petani. Demikian juga benih PPKS selalu diutamakan oleh BPDPKS dalam peremajaan petani.

“Maka tema 100 Tahun PPKS adalah Menoreh Ke Belakang Merangkai Masa Depan Cemerlang. Dengan mengandalkan jasa dan industri hilir diharapkan PPKS akan kembali Berjaya,” pungkas Hasril. S

(Visited 88 times, 1 visits today)
Baca Juga  Keamanan Pangan Olahan Minyak Sawit Lebih Unggul dan Terjaga