https://api.whatsapp.com/send?phone=6281361509763
Petrokimia Gresik
24 October, 2021
Bagikan Berita

CIBITUNG, Mediaperkebunan.id – Dalam mendukung pengelolaan kelapa sawit yang berkelanjutan dan smart, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE), terus berinovasi dengan melengkapi berbagai sarana dan prasana. Hal ini seiring semakin banyaknya minat mahasiswa pada otomasi industri.

Demikian disampaikan Direktur Poltek Kelapa Sawit CWE Ir. St Nugroho Kristono, MT, pada Wisuda Angkatan ke-13 Program Diploma III Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi Tahun Akademik 2020/2021 di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Sabtu (23/10).

“Saya mencermati semakin banyaknya minat mahasiswa terhadap topik-topik kontrol proses berbasis otomasi industri yang dapat diaplikasikan di pengolahan kelapa sawit,” ujar Nugroho.

Nugroho berharap, semakin banyak mahasiswa dan dosen tertarik pada riset berbasis teknologi informasi dan komputer (TIK=digitalisasi) yang dapat diterapkan di industri perkebunan.

Untuk itulah, lanjut Nugroho, Poltek CWE terus melengkapi dengan perangkat drone, peralatan laboratorium kultur jaringan yang cukup canggih, perangkat keras dan lunak laboratorium e-logistic, peralatan studio CWE guna mendukung inovasi pembelajaran para dosen, kegiatan daring mahasiswa, promosi Poltek CWE.

Nugroho mengatakan, selain harapan besar pada pertumbuhan industri perkebunan kelapa sawit dan industri turunannya, dalam era industri 4.0 saat ini ditandai dengan penerapan internet di segala bidang (internet of things – IoT) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence – AI) di segala bidang kehidupan manusia.

“Contohnya kita yang semakin mudah memanfaatkan gadget handphone untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, termasuk sebagai alat berkomunikasi dalam proses pembelajaran jarak jauh atau daring (on line) di semua jenjang pendidikan,” jelas Nugroho.

Menurut Nugoroh, tantangan saat ini bagi industri perkebunan di era industri 4.0 dan masih masa pandemi Covid-19, adalah industri perkebunan siap bertransformasi menuju tata kelola yang berkelanjutan dengan dukungan penerapan teknologi IoT dan AI (Sustainable & Smart Plantation Practices).

Baca Juga  DITJENBUN DORONG EKSPOR KECAMBAH KELAPA SAWIT

Pada tahun 2021 ini, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE) mewisuda 211 lulusan yang terdiri dari 105 lulusan Program Studi D3-Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit, 51 lulusan Program Studi (Prodi) D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit, dan 55 lulusan Program Studi Manajemen Logistik.

Lulusan berpredikat cum laude atau pujian berjumlah 27 lulusan (27%) yang terdiri dari 11 lulusan Prodi D3-Budidaya, 2 lulusan Prodi D3-Teknologi Pengolahan, dan 14 lulusan Prodi D3-Manajemen Logistik.

Para wisudawan yang telah menuntaskan pendidikannya, juga sebagian besar telah mengikuti dan lulus uji kompetensi yakni mahasiswa Prodi Budi Daya dan Teknologi Pengolahan. Demikian juga mahasiswa Manajemen Logistik.

Sampai dengan wisuda angkatan ke 13 hari ini, Politeknik Kelapa Sawit CWE telah meluluskan dari program Diploma 3 sebanyak 1403 lulusan, yang terdiri dari 627 lulusan (44,7 %) D3 Budidaya, 333 lulusan (23,7%) D3 Teknologi Pengolahan, dan 443 (31,6%) lulusan D3 Manajemen Logistik.

Secara khusus, Nugroho mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tulang Bawang Barat Haji Umar Ahmad yang telah mengirim 40 putra-putri dan Direktur Utama Badan Penyaluran Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Eddy Abdurrahman untuk pendidikan 87 putra-putri petani kelapa sawit dari 22 provinsi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Perlindungan Perkebunan, Direktorat Jendral Perkebunan, Kementrian Pertanian, Ardi Praptono, Plh. Kepala Divisi Program Pelayanan, BPDPKS Fajar Wahyudi, Bupati Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, H. Umar Ahmad, Pengurus Yayasan Citra Widya Edukasi, dan tamu undangan lainnya. (YR)

(Visited 47 times, 1 visits today)