https://api.whatsapp.com/send?phone=6281361509763
Petrokimia Gresik
23 June, 2021
Bagikan Berita

Jakarta, Mediaperkebunan.id

Pengembangan SDM perkebunan kelapa sawit sesuai dengan Keputusan Dirjen Perkebunan nomor 318 tahun 2020 yang sedang dalam proses revisi, tujuannya adalah penumbuhkembangkan pekebun untuk merubah pola pikir dan pola perilaku untuk mendapat satu tujuan sama yaitu kebersamaan menuju penciptaan peningkatan produksi dan produktivitas. Pengembangan SDM merupakan bagian dari bantuan pemerintah pada pekebun dan didanai BPDPKS. Dedi Junaedi, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan menyatakan hal ini.

Kegiatannya adalah sistem kebersamaan ekonomi berdasarkan manajemen kemitraan. Jenis tahapan kegiatan adalah persiapan untuk identifikasi peserta pelatihan yang tergabung dalam kelompok dan kebutuhan pelatihan.

Sasaranya adalah pekebun (pendekatan kelompok), keluarga pekebun (pendekatan kelompok), penyuluh, tenaga pendamping (fasilitator daerah atau Tenaga Kontrak Pendamping Pembangunan Perkebunan dan Petugas Pembantu Lapang TKP3), Aparatur Sipil Negara (Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), masyarakat sekitar kebun (tokoh masyarakat, pengurus organisasi/asosiasi pekebun kelapa sawit, pengurus kelembagaan masyarakat desa atau perangkat desa).

Pelatihan terbagi dua menjadi pelatihan teknis dan non teknis. Pelatihan teknis meliputi pelatihan teknis budidaya kelapa sawit; pelatihan panen dan pasca panen; pelatihan Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO); pelatihan informasi pasar dan promosi; pelatihan pengelolaan sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit; pelatihan pemetaan lokasi perkebunan kelapa sawit; pelatihan pengelolaan mekanisasi perkebunan kelapa sawit melalui UPJA (Usaha Pelayanan Jasa Alsintan).

Sedang pelatihan non teknis berupa pemberdayaan terdiri dari pelatihan tim asistensi pusat dan daerah; pelatihan fasilitator daerah, pelatihan penumbuhan kebersamaan pekebun yang dilakukan berjenjang oleh tim FASDA; pelatihan penguatan kelembagaan; pelatihan pengembangan kelembagaan dan usaha; pelatihan kepemimpinan dan komunikasi; pelatihan manajemen administrasi dan keuangan.

(Visited 46 times, 1 visits today)
Baca Juga  Sinar Mas Remajakan Kebun Petani Swadaya Sumsel