23 July, 2020

Kalimantan Tengah, mediaperkebunan.id – Minamas Plantation menyerahkan bantuan ke Pusat Perlindungan dan Rehabilitasi Orangutan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng sebagai wujud kepedulian Minamas Plantation terhadap upaya penanggulangan COVID-19 bagi 100 Orangutan di Kalimantan Tengah.

Meski hingga saat ini belum ada kasus penularan COVID-19 dari manusia ke kera besar, dalam hal ini orangutan, tetapi potensi penularannya ditengarai cukup besar mengingat kesamaan DNA antara manusia dan orangutan sebesar 97%. Oleh karena itu, bantuan tersebut selain digunakan untuk membantu program rehabilitasi orangutan seperti pemberian vitamin untuk meningkatkan imunitas bagi 100 orangutan yang berada di pusat rehabilitasi, namun juga bagi kesehatan para pengasuh / pekerja yang berdedikasi penuh dalam merawat satwa dilindungi tersebut.

“Seperti yang diketahui, pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak besar bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat saja, namun, kegiatan perlindungan dan rehabilitasi satwa, khususnya orangutan, di Kalimantan Tengah pun turut merasakan dampaknya, baik dari sisi peningkatan kesehatan maupun pengadaan pakan dan obat-obatan. Hal ini yang melatarbelakangi kepedulian Minamas Plantation untuk turut berkontribusi pada keberlanjutan upaya perlindungan satwa orangutan sebagai bagian darikeragamanhayatiyangdilindungi,” kata Shamsuddin Muhammad, CEO Minamas Plantation.

Dr. Ir. Jamartin Sihite, MSc., CEO BOS Foundation menyambut baik bantuan tersebut. Covid-19 ini menjadi kekhawatiran bersama, sehingg sejak ditetapkan pandemi pihaknya langsung menutup semua proyek, terutama pusat rehabilitasi orangutan dari kunjungan siapapun. Para staf bekerja di bawah protokol yang diperketat dan dalam rotasi kerja yang disesuaikan, untuk menjamin orangutan tetap aman dari potensi penularan COVID-19.

“Kami juga menghentikan semua upaya penggalangan dana langsung, ataupun diluar jaringan, yang menuntut temu muka antar manusia dalam kelompok besar. Kondisi ini memberikan tekanan finansial kepada kami, terutama dengan meningkatnya harga Alat Pelindung Diri (APD) beberapa waktu lalu, dan kini tren harga pakan juga meningkat akibat pelaksanaan PSBB yang cukup lama. Karenanya, bantuan dari Minamas Plantation terhadap pusat rehabilitasi kami di Nyaru Menteng sangat berarti dan mempermudah pekerjaan kami. Atas nama BOS Foundation, kami ucapkan terima kasih,” papar Jamartin.

Sebelumnya, Minamas Plantatation melalui unit bisnisnya telah menyerahkan bantuan dalam penanggulangan COVID-19 yang dilakukan hampir di seluruh unit bisnisnya di 7 wilayah. Sebanyak 5.000 paket dalam bentuk sembako, masker, Alat Pelindung Diri (APD), cairan desinfektan, hand sanitizier, 2.572 liter minyak goreng ALIF serta 1.000 masker kain yang langsung didistribusikan kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah melalui tim Gugus Tugas setempat. Direncanakan program penanggulangan ini akan dilanjutkan sesuai kebutuhan yang diperlukan dalam rangka meringankan beban masyarakat di sekitar operasional perusahaan dan juga Pemerintah Daerah seperti Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik.

Hal ini merupakan upaya sinergi Minamas Plantation bersama stakeholders dalam menanggulangi pandemi COVID-19 di seluruh negeri. Melalui kegiatan tersebut diharapkan Minamas Plantation dapat membantu Pemerintah Pusat dan Daerah dalam upaya pencegahan dan penaggulangan pandemi COVID-19 secara lebih cepat dan menyeluruh. (YIN)

(Visited 24 times, 2 visits today)