28 February, 2020

JAKARTA, Mediaperkebunan.id – Minum kopi ternyata dapat memperkuat tulang anda. Hal ini terungkap dari riset yang dilakukan University of Hong Kong seperti yang dikutip World of Buzz.

Dalam penelitian itu, University of Hong Kong meriset 564 orang dewasa di China dalam studi osteoporosis. Para peneliti membandingkan kepadatan mineral tulang peminum kopi dengan mereka yang tidak.

Hasilnya terungkap bahwa peminum kopi memiliki kepadatan mineral tulang lebih kuat dibandingkan orang yang tidak pernah minum kopi. Penelitian juga menemukan ada 3 molekul yang terkait dengan minum kopi dan kepadatan tulang. Tiga molekul ini termasuk quinasi, 3-hydroxypyridine sulfate dan trigonelline.

Meski penelitian masih baru dilakukan dalam ruang lingkup kecil dan hanya melibatkan orang-orang peminum kopi. Namun, para ahli mengatakan bahwa hasilnya cukup kuat untuk menyimpulkan bahwa kopi baik untuk kesehatan tulang.

“Bagi orang yang khawatir tentang efek kesehatan minum kopi, nampaknya ini merupakan hal baik. Karena minum kopi justru baik untuk kesehatan tulang,” kata Chad Deal dari Cleveland Clinic. (YR)

(Visited 23 times, 1 visits today)