6 February, 2017

Meskipun sudah tidak lagi menjadi Dirut Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, tetapi Bayu Krisnamurthi optimistis dan yakin tahun ini replanting yang dibiayai oleh BPDPS akan berjalan.
“Alhamdullilah sebelum saya selesai, Pak Bambang, Dirjen Perkebunan sudah memberi komitmen bahwa beliau akan mengambih alih kepemimpinan dalam replanting. Merekalah yang akan mengembangkan sistemnya, membangun designnya sehingga BPDPS akan lebih mudah memberikan suport” katanya.
Ini merupakan langkah yang strategis dan penting karena Menko Perekonomian Darmin Nasution juga sudah memberikan arahan pada tahun ini segera dilakukan replanting dalam jumlah cukup significant.
“Saya optimistis teman-teman di BPDPS akan lebih berkonsentrasi dalam pengelolaan dananya, replantingnya sendiri akan dikomandani oleh Dirjenbun,” katanya.
Tahun ini kalau bisa 10.000 – 20.000 ha saja sudah bagus. Paling tidak sebagai awal untuk menata sistemnya. Didalamnya bukan hanya sekedar replanting, tetapi juga bagaimana sistem dukungannya, verifikasinya, masalah lahan, bibit dan lain-lain.
Kalau tahun ini 10.000-20.000 ha maka tahun depan bisa lebih besar. Alokasinya dananya juga lebih besar. Dana yang tersedia untuk replanting tahun 2017 adalah Rp400 miliar.

(Visited 83 times, 1 visits today)