22 June, 2020

Bandung, mediaperkebunan.id – Kementerian Koperasi dan UKM (KEMENKOP dan UKM) menilai sektor pertanian dan perkebunan sudah bisa direlaksasi untuk diaktifkan kembali kegiatan usahanya di tengah pandemi Covid-19.

“Saya ingin melihat langsung dan memastikan reaktivasi kegiatan usaha KUKM bisa berjalan,” kata Teten di sela-sela kunjungan kerja ke salah satu shelter (tempat pengolahan kopi) Klasik Beans di daerah Gunung Puntang, Desa Campaka Mulia, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Terlebih lagi, kata Teten, produk kopi dari Klasik Beans merupakan salah satu yang terbaik di dunia, dengan sudah menembus pasar mancanegara. “Saya meyakini, dengan tingkat konsumsi kopi dalam negeri yang terus meningkat, produk kopi nasional bisa diserap pasar dalam negeri,” ungkap Teten.

Artinya, lanjut Teten, dengan pasar yang amat luas dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa, pendapatan nasional dari produk kopi tidak perlu lagi bergantung pada ekspor. “Meski ekspor kopi tetap akan menjadi bagian penting, karena kopi akan terus menjadi komoditi unggulan Indonesia,” ucap Teten.

Namun, Teten berharap protokol kesehatan tetap dijalankan dengan disiplin. “Dunia usaha kembali dijalankan dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan,” tukas Teten.

(Visited 99 times, 1 visits today)