15 December, 2019

Jakarta, perkebunanews.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengajak Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) untuk memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangka pembangunan industri gula nasional dan mendorong kesejahteraan masyarakat maka Kemendag bekerja sama AGRI untuk bisa memberikan bukti yang nyata bagi masyarakat. “Kerja sama tersebut, antara lain aktif dalam penyediaan bahan baku industri makanan dan minuman berbasis gula rafinasi serta turut andil dalam pengendalian harga komoditas gula,” terang Agus.

Lebih lanjut Agus mengakui, industri gula rafinasi sangat berperan dalam meningkatkan industri nasional, khususnya industri makanan, minuman, dan farmasi. Untuk itu, pemerintah akan terus berupaya agar kebijakan yang dikeluarkan dapat memberikan keseimbangan, jaminan kepastian, dan iklim usaha yang baik bagi industri gula rafinasi nasional.

Tidak hanya itu, diharapkan AGRI dapat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ekspor nonmigas maupun penguatan pasar dalam negeri. “Dengan menyediakan gula rafinasi yang berkualitas, AGRI ikut mendukung peningkatan kualitas produksi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) makanan dan minuman. Sehingga, UMKM dapat memenuhi kebutuhan kualitas dan kuantitas pasar dalam negeri serta mampu bersaing di pasar internasional,” ujar Agus.

Selain itu, Agus mengatakan, AGRI dapat turut berpartisipasi dalam menjaga potensi terjadinya kebocoran gula yang diperuntukkan industri ke pasar dalam negeri. Hal itu dilakukan agar tidak merugikan petani tebu.

Terlebih Kemendag mendapat mandat dari Presiden RI Joko Widodo untuk menjaga neraca perdagangan melalui berbagai kebijakan strategis, termasuk penurunan impor.

“Kami harap industri gula dapat meningkatkan produksinya. Percepatan transisi industri harus lebih berorientasi kepada industri gula mentah berbasis tebu dalam rangka penguatan industri hulu. Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam menciptakan ‘swasembada gula’,” harap Agus. YIN

(Visited 36 times, 1 visits today)