11 June, 2016

Sudah terbukti kelapa sawit tidak hanya memberikan kontribusi yang cukup besar kepada wanita, tapi juga kepada Tanah Air Indonesia. Mengapa demikian?

Togar Sitanggang Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengatakan pada dasarnya wanita tidak akan terlepas dari komoditas kelapa sawit. Hal ini mengingat wanita dari mulai bangun tidur hingga mau tidur kembali semuanya menggunakan produk yang berbahan baku sawit.
Artinya, komoditas sawit memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap wanita.

“Jadi coba lihat saja dari mulai bangun tidur kemudian mandi menggunakan sabun, sampo, itu semua menggunakan berbahan sawit. Lalu, berdandan menggunakan alat kosmetik satu diantaranya lipstick itu juga menggunakan sawit. Sampai memasak menggunakan minyak goreng ataupun margaine juga berbahan baku sawit,” ungkap Togar dalam diskusi sekaligus buka puasa berasama awak media, di Jakarta.

Lebih dari itu, menurut catatan Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (Paspi) bahwa industri perkebunan untuk sektor sawitnya saja konsisten surplus dan relatif besar yakni US$ 3,8 milyar. Sedangkan neraca perdagangan minyak dan gas (migas) masih konsisten mengalami defisit sebesar US$ -0,42 milyar. Melihat fakta dan data tersebut maka bisa tidaklah salah jika komoditas kelapa sawit sebagai komoditas strategis.

“Jadi saat ini pendapatan yang dihasilkan oleh kelapa sawit jauh lebih besar daripada pendapatan yang dihasilkan oleh industri migas,” ucap Togar.

Tidak hanya itu, Togar menambahkan, bahwa suatu Kabupaten akan berkembang lebih cepat jika Kabputen tersebut terdapat komoditas kelapa sawit. Terbukti, Kabpupaten yang memiliki perkebunan kelapa sawit maka perputaran uangnya lebih cepat jika dibandingkan dengan Kabupaten yang tidak memiliki areal kelapa sawit.

“Melihat hal ini maka apa masih meragukan kontribusi kelapa sawit, jika kelapa sawit sudah memberikan kontribusi, sebab pada dasarnya banyaknya isu negatif kelapa sawit yang ada saat ini lebih kepada persaingan antar minyak nabati antara minyak nabati yang dihasilkan oleh kelapa sawit dengan kedelai, bunga matahari ataupun lainnya,” pungkas Togar. YIN

(Visited 66 times, 1 visits today)