27 January, 2016

Indonesia merupakan pionir penggunaan biodiesel dengan campuran 20% yang pertama di dunia. Sebagai negara pertama akan banyak tantangan baik teknis dan non teknis. Darmin Nasution, Menko Perekonomian menyatakan hal ini pertemuan Sawit Indonesia.

Ada isu penggunaan biodiesel akan mempengaruhi kendaraan. Hal ini dijawab dengan sosialisasi lintas Jawa Bali B20 dengan berbagai jenis kendaraan. Akan ditunjukkan bahwa B20 tidak berpengaruh jelek terhadap kendaraan.
B20 akan tetap dilanjutkan sebagai wujud ketahanan energi, komitmen terhadap COP perubahan iklim dan penyerapan CPO lebih banyak di dalam negeri dan menjaga stabilitas harga. B20, hilirisasi dan peningkatan kesejahteraan petani merupakan arah utama pembangunan kelapa sawit di Indonesia.

Dari hilirisasi saat ini ekspor produk olahan kelapa sawit sudah meningkat dari 5i jenis menjadi 141 jenis. ” Ini merupakan berita baik tetapi di sisi lain membuat dana yang dipungut bpdpks semakin kecil,” katanya.
Pembangunan kebun sawit berkelanjutan bukan masalah bagi perkebunan besar tetapi jadi masalah bagi petani swadaya. Mereka tidak mampu melakukan investasi sendiri untuk meningkatkan produktivitas. Karena itu BPDPS ikut membantu dengan replanting. S

Baca juga : BPDPS : B20 HARUS JALAN

(Visited 64 times, 1 visits today)