15 November, 2020

Jakarta, Mediaperkebunan.id

Hari Perkebunan yang akan dilaksanakan tanggal 10 Desember mendatang di Gedung PIA, Kementan, bukan berisi rutinitas perayaan yang dilakukan setiap tahun, tetapi ada agenda-agenda baru yang mewarnainya. Kasdi Subagyono, Dirjen Perkebunan menyatakan hal ini kepada Mediaperkebunan.id.

Salah satunya adalah akan ditandatanganinya MoU antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Perindustrian untuk pengembangan sagu. “Menteri Pertanian dan Menteri Perindustrian akan menandatangani MoU pengembangan sagu berbasis korporasi petani di Papua, Papua Barat dan Meranti, Riau. Kementan akan bergerak dihulu sedang hilir ditangani Kemenperin,” katanya.

Warna lainnya adalah pemberian anugerah berupa award pada beberapa stake holder perkebunan. Saat ini perkebunan berkembang pesat juga pelaku usahanya. Hal ini tidak lepas dari peran semua stake holder. “Kita sedang rancang kriteria penghargaan dan nama-nama organisasi penerimanya,” kata Kasdi.

Selain itu akan ada parade barista. “Kita masih rencanakan misalnya bariskan 100 barista masing-masing menyajikan kopi dengan cita rasa yang khas. Kalau mendapat rekor MURI akan lebih bagus,” katanya.

Acara akan berlangsung secara off line dikombinasikan online. Protokol kesehatan secara ketat akan tetap diberlakukan.

Selain itu dimunculkan kinerja subsektor perkebunan selama ini lewat video, juga rencana kedepan. Pelaku usaha dan pemda penghasil komoditas perkebunan juga diberi ruang pameran untuk promosi produk.

(Visited 116 times, 1 visits today)