6 January, 2021
Bagikan Berita

Istanbul, Mediaperkebunan.id

Sejumlah anggota Perkumpulan Pengusaha Arang Kelapa Indonesia (PERPAKI) mendirikan perusahaan distribusi produk briket arang kelapa di Turki. Perusahaan yang diberi nama Kaya Sinerji Ltd.Sti. ini merupakan hasil kolaborasi antara DPP PERPAKI dengan DPD PERPAKI Jawa Tengah.

Saham Kaya Sinerji Ltd. Sti. dimiliki seluruhnya oleh para pelaku UMKM dalam negeri di bidang briket arang kelapa, dimana Tufan Algivari bertindak sebagai Chief Executive Officer (CEO). Tufan sendiri merupakan anggota PERPAKI Jawa Tengah.

Pengiriman kontainer perdana Kaya Sinerji Ltd. Sti. sebanyak 20 ton briket arang kelapa telah tiba di Pelabuhan Istanbul pada tanggal 20 Desember 2020 kemarin dan di estimasikan container kedua akan tiba pada tanggal 17 Januari 2021. Sebanyak 50 persen briket arang kelapa ini nantinya bakal di distribusikan di wilayah lokal Istanbul.

Selebihnya, pasokan briket ini akan dikirim secara partial dari kota Istanbul ke mitra reseller Kaya Sinerji Ltd. Sti. di negara Balkan (Bosnia dan Albania), Prancis, Russia dengan menggunakan moda transportasi darat dan laut melalui selat Bosporus melewati Laut Hitam dan Kanal Danube (waterway) yang membelah wilayah Balkan dan Eropa Timur tembus sampai ke Eropa Barat melalui River Rhein, Jerman. Sementara sebagian lainnya dikirim ke mitra reseller di New York, USA melalui Samudera Atlantik dengan moda transportasi laut/LCL container.

Kedepan, Kaya Sinerji Ltd. Sti. juga akan mendistribusikan (re-export) permintaan segment pasar retail produk briket arang kelapa asal Indonesia dengan konfigurasi konsolidasi cargo memanfaatkan kawasan Free Trade Zone yang ada di wilayah Turki menuju negara sekitarnya.

Di era persaingan free global market seperti sekarang ini, PERPAKI yakin apa yang telah dirintis dan dibangun oleh Kaya Sinerji Ltd. Sti. dengan memanfaatkan posisi geografis Turki sebagai sentra distribusi (Distribution Hub) akan semakin strategis dalam memperlancar kesinambungan antara produksi dan arus distribusi produk UMKM dari Indonesia ke sejumlah negara di daratan benua Asia dan Eropa.

(Visited 187 times, 1 visits today)
Baca Juga  PT SAL dan Orang Rimba Hidup Bergandengan